STT PLN Membuat Terobosan Melalui Listrik Kerakyatan

IMG_20170518_114454-640x480

JurnalNusantara.com – Untuk membantu ketahanan energi nasional yang ramah lingkungan dengan memberdayakan masyarakat, STT PLN menciptakan inovasi baru melalui program Vokasi Ketenagalistrikan dan Inisiatif Listrik Kerakyatan.

Ketua STT PLN, Dr, Ir. Supriadi Legino, MM, MBA dalam jumpa pers di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Kamis (18/5/2017), menjelaskan bahwa kebutuhan tenaga listrik yang sangat besar langsung mencoba disikapi oleh STT PLN dengan membuka pendidikan dan pelatihan vokasi ketenagalistrikan bagi para lulusan SMU dan sederajat. Para siswa dilatih selama satu tahun dan diberikan sertifikasi kompetensi sesuai UU No. 30 tahun 2009 tentang Ketenagalistrikan.

“Kita membutuhkan sekitar 700 ribu tenaga operator dan teknisi untuk memelihara 80.000 megawatt instalasi listrik yang akan dibangun sampai tahin 2025. Jumlah ini harus dipenuhi dengan cara mendidik masyarakat sendiri dengan melibatkan kalangan akademisi bekerjasama Lembaga Sertifikasi Kompetensi.” ujar Supriadi.

IMG_20170518_114418-480x640

Inisiatif Listrik Kerakyatan sebagai karya kedua, lanjut Supriadi, merupakan alternatif untuk menjawab persoalan pada sistem ketenagalistrikan saat ini. Kelistrikan konvensional mulai menghadapi persoalan dalam pembangunannya terutama soal pembebasan lahan dan pendanaan, akibatnya banyak proyek pembangunan pembangkit dan transmisi yang terlambat dan merugikan.

“Sebagai solusi, model Listrik Kerakyatan bisa mulai diterapkan. model ini mengadopsi konsep distributed generation atau pembangkit skala kecil yang tersebar, yang dapat dibangun pada lahan kurang dari 1000 meter persegi.” jelas Supriadi.

Listrik Kerakyatan ini, tambah Supriadi, menggunakan energi terbarukan yang ada di sekitar masyarakat seperti matahari, angin, biogas, dan biomasa sampah untuk di perkotaan dan pohon kaliandra untuk di pedesaan. STT PLN berharap pemerintah dapat mendukung pelaksanaan uji coba lebih lanjut dan mengajak kalangan akademisi dan pihak lainnya untuk bersama-sama membangun dan menyempurnakan model Listrik Kerakyatan ini. (my)

 

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *