Ketum IPI : Safari Ramadhan Presiden Sebagai Langkah Menyatukan Bangsa

Ketua Umum IPI bersama sejumlah pejabat dan tokoh masyarakat
Ketua Umum IPI bersama sejumlah pejabat dan tokoh masyarakat

JurnalNusantara.com – Kehadiran Presiden Joko Widodo dalam kegiatan safari Ramadhan bersama sejumlah pejabat Negara dan masyarakat, dinilai sebagai langkah positif dalam mempererat tali silaturahmi ditengah situasi bangsa yang sedang menghadapi ancaman perpecahan. Hal ini disampaikan Ketua Umum Ikatan Pesantren Indonesia (IPI), Achmad Zaini, saat menghadiri buka bersama di kediaman Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Oesman Sapta, Selasa (6/6/2017).

“Ya bagus lah dengan apa yang dilakukan oleh Presiden, karena Presiden tidak ingin bangsa ini terpecah belah dengan adanya beberapa semacam provokasi atau penyebaran fitnah. Jadi presiden sebagai kepala Negara punya kewajiban untuk mempersatukan bagaimana masyarakat ini tidak terpecah belah” ujar Achmad.

Achmad menambahkan, solusinya ke depan adalah seluruh bangsa Indonesia harus melakukan silaturahmi sebagaimana yang sudah dilakukan oleh Presiden maupun tokoh-tokoh yang lain untuk bersilaturahmi.

“Silaturahmi ini juga kan perintah Allah yang ditujukan kepada manusia. Jadi Allah itu memerintahkan kepada manusia dalam arti bukan kepada orang Islam saja. Sebagaimana firman Allah, diciptakannya laki-laki dan perempuan dengan bersuku-suku, berbangsa-bangsa untuk saling mengenal dan bersilaturahmi .” tegas Achmad.

Oleh karena itu, tambah Achmad, kami dari IPI menyerukan kepada semua jajaran agar jangan sampai terbawa oleh provokasi ataupun dengan berita-berita hoax apalagi yang mengandung fitnah yang dapat mengancam perpecahan bangsa. Sementara di agamapun fitnah itu adalah lebih kejam dari pembunuhan.

“Kami mengapresiasi dengan apa yang dilakukan oleh Majelis Ulama Indonesia mengeluarkan fatwa agar Indonesia ini tidak terpecah belah dan perlu ada aturan seperti mekanisme bermuamalah sebagaimana yang dikeluarkan melalui fatwa MUI.” Pungkas Achmad. (my)

 

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *