Kemoterapi Bagi Penderita Kanker Payudara Stadium Dini Perlu Pertimbangan

IMG-20170613-WA0086-480x360

JurnalNusantara.com – Pemberian Kemoterapi pada pasien penderita kanker payudara stadium dini harus mempertimbangkan manfaat dan resikonya. Hal ini disampaikan DR. dr. Nugroho Prayogo, SpPD-KHOM, spesialis penyakit dalam RS Kanker Dharmais Jakarta, pada acara buka bersama PT Kalbe Farma, Selasa (13/6/2017) di Jakarta.

“Pada prinsipnya diperlukan terapi lokal (operasi, radiasi) dan terapi sistemik (pemberian obat). Sedangkan kemoterapi butuh pertimbangan manfaat dan resikonya.” ujar Nugroho.

Manfaat kemoterapi pada kanker payudara stadiun dini, kata Nugroho, adalah untuk meningkatkan tingkat survival dan menurunkan resiko. Sedangkan resiko pada kanker stadium ini menimbulkan efek samping jangka pendek dan jangka panjang serta menimbulkan beban psikologis, sosial dan ekonomi.

“Karena tujuan utama dari kemoterapi pada pasien Kanker payudara stadium dini adalah untuk menurunkan resiko kekambuhan, maka besar manfaatnya akan sesuai dengan resiko kekambuhan pasien.” jelas Nugroho.

Ahmad Rusdan Handoyo Utomo, PhD, Principal Investigator-Stem-cell and Cancer Institute menjelaskan solusi untuk penyakit ini adalah dibedah, kemudian dilakukan terapi. Sementara Konsep MammaPrint digunakan untuk menyidik kanker dan menentukan pasien mana yang bisa pulang atau dikemoterapi

Pada kesempatan yang sama, Direktur PT Kalbe Farma, Vidjongtius mengatakan dalam perjalanan panjangnya selama lebih dari 50 tahun, PT Kalbe Farma punya empat divisi yaitu olah resep memberikan kontribusi 25 persen penjualan, Consumer 18 persen, Nutrisi 29 persen dan distribusion 28 persen.

“Farmasi ini penting sekali, dengan rupiah yang stabil akan mempengaruhi harga produksi yang stabil. Sebagaimana diketahui, Pemerintah kita juga sedang aktif mengundang investor asing untuk membuat bahan baku obat.” ujar Vidjongtius.

Ia menambahkan, berdasarkan data yang ada, nilai konsumsi kesehatan kita cukup rendah dibandingkan negara lain yaitu sekitar 3 persen. Diharapkan, dengan adanya BPJS dapat meningkat menjadi 5 persen sehingga tingkat kesehatannya lebih baik. (my)

 

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *