Sudinsos Jakpus Selamatkan Lansia Telantar di Masjid Sunda Kelapa

IMG-20170614-WA0018-312x416

JurnalNusantara.com – Suku Dinas Sosial Jakarta Pusat menyelamatkan seorang wanita lanjut usia telantar di Masjid Sunda Kelapa, Jakarta Pusat. Lansia itu diselamatkan karena kerap meminta uang kepada jamaah masjid.

Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Pusat, Susana Budi Susilowati mengemukakan, lansia yang diketahui bernama Rusmiati (74) itu dilaporkan oleh pihak keamanan masjid karena mengganggu keamanan, ketertiban dan kebersihan masjid

“Menurut pengurus Masjid Sunda Kelapa, nenek Rusmiati sangat mengganggu ketertiban dan kenyamanan ibadah karena dia juga sering buang air kecil alias ngompol sembarangan,” tandas Susana saat dihubungi Rabu (14/6).

Ia melanjutkan, akhirnya pengurus masjid melapor kepada Petugas Pelayanan, Pengawasan dan Pengendalian Sosial (P3S) Suku Dinas Sosial Jakarta Pusat untuk melakukan penyelamatan agar tidak kembali berada di sekitar masjid.

Setelah dilakukan penyelamatan, petugas melakukan asesmen terhadap nenek Rusmiati. Ternyata diketahui kalau nenek itu ditelantarkan di masjid oleh anaknya.

“Nenek Rusmiati sudah menjanda 5 tahun dan memiliki anak laki-laki satu-satunya. Karena kondisi perekonomian anaknya yg kurang, akhirnya nenek itu dilantarkan,” ujar Susana.

Anak semata wayang Nenek Rusmiati, tidak mempunyai pekerjaan tetap. Sehingga menelantarkan ibunya di pelataran masjid agar mendapat simpati dari jamaah masjid.

Namun Nenek Rusmiati meminta uang kepada jamaah menggunakan cara yang tidak ramah. Ini menyebabkan jamaah masjid merasa terganggu kenyamanannya.

“Sekarang sudah kami bawa ke panti untuk diberikan pelayanan selanjutnya. Yang penting nenek itu tidak telantar dan ninta-minta di jalan,” kata Susana.

Pihaknya sendiri selama bulan Ramadhan ini melakukan pengawasan secara intensif di rumah ibadah utamanya masjid. Karena Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) kerap beroperasi di kawasan masjid untuk minta sedekah.

“Kami memantau dan monitoring beberapa masjid seperti Masjid Istiqlal, Sunda Kelapa, Cut Mutia dari PMKS yg memanfaatkan Bulan Puasa untuk meminta-minta,” ujar Susana. (Red/MH-DS)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *