Hadapi Tantangan Bangsa Dengan Kebhinekaan

IMG_20170616_170024-640x480

JurnalNusantara.com – Patut disyukuri dengan keberadaan pancasila yang menjadi dasar kita dalam bermasyarakat, namun dalam menghadapi tantangan, masih perlu dengan ikatan bhineka tunggal ika. Demikian dikatakan Dr. Agustin Teras Narang, SH, MH, Ketua Bapilu DPP PDIP, dalam diskusi kebhinekaan Kebangkitan Indonesia Baru (KIB), Jumat (16/6/2017) di Jakarta.

“Saya merasakan betul makna bhineka tunggal ika, namun dengan tantangan yang ada saat ini harus kita hadapi dengan memulai dari diri sendiri.” ujar Agustin.

Sementara itu, Surya Chandra, SH, LLM, PhD, Pengajar Magister Hukum Universitas Atmajaya, berpendapat apa yang membanggakan dari bangsa kita adalah pancasila. Saat ini pancasila sedang habis-habisan diserang, kalau kita diam saja maka Indonesia ke depan tidak ada.

“Bagi saya pancasila itu adalah Indonesia, sebuah konsep yang sangat menarik. Ke depan kita perlu lebih cerdas dan berani dalam mempertahankan pancasila. Tidak ada pilihan bagi saya dalam menjaga pancasila.” tegas Surya. (my)

 

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *