Ratu Kokoda: Mari Saling Menghargai Keragaman Budaya

IMG_20170727_132811-512x384

JurnalNusantara.com – Ratusan raja dan sultan se-nusantara dan luar negeri menghadiri pertemuan silaturahmi nasional, Kamis (27/7/2017) di nusantara V DPR RI Jakarta. Ratu Kokoda asal Papua saat ditemui wartawan mengaku senang bisa bertemu dengan raja dan sultan lainnya.

“Dengan menghadiri Silatnas ini, saya sangat bahagia karena dapat bertemu dengan saudara kami raja-raja yang lain se-nusantara maupun raja-raja dari negara lain. Kedua, kami sangat senang terutama dengan adanya Undang-Undang Nomor 5 tahun 2017 yang luar biasa dibandingkan dengan perda nomor 37 tahun 2007 yang bagi kami dirasakan tumpul, bahkan banyak raja-raja yang akan dirobek-robek.” jelas Ratu.

Harapan saya, lanjutnya, dengan adanya UU No. 5 tahun 2017, dapat lebih memperhatikan lagi terhadap budaya sehingga kami dapat lebih memperlihatkan bahwa ini lho budaya kami yang bahkan memiliki tari-tarian lebih halus dari tarian Jawa yang belum terlihat dimata internasional maupun nasional sendiri.

“Dengan silatnas ini marilah kita saling menghargai keberagaman budaya dan organisasi keraton dengan mengedepankan sopan santun. Keberagaman inilah justru menunjukkan indahnya Indonesia.” tutur Ratu Kokoda.

Ratu Kokoda yang juga pendiri organisasi Gema Gong Pancasila mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bersama-sama mewujudkan gotong royong dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. (my)

 

 

 

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *