Kampong CSR Wujudkan Masyarakat Mandiri

IMG-20170914-WA0071-512x307
JurnalNusantara.com – Wacana untuk membangun kampung CSR yang serasi, ada penghasilan, dan tertata dengan cara yang bagus sebagai usaha yang dilakukan oleh sekelompok masyarakat yang bersifat independen agar masyarakat mandiri mendapat dukungan dari perusahaan dan pemerintah. Sebagai contoh kampong CAR ada di kampung Bali dan Minangkabau. Apa yang terjadi, mereka betul-betul bisa mandiri minimal untuk kampungnya sendiri.

“Jika mereka sudah mandiri kemudian akan berdampak ke kampung sebelahnya. Di Thailand, ada sekelompok masyarakat yang kebutuhannya sudah tercukupi misalnya telur ayam, buah pisang. Mereka letakkan di pinggir jalan kemudian kampung sebelahnya itu bisa mengambil dan jika ada uang mereka bisa ngasih uang seikhlasnya. Nah ini sangat memberikan inspirasi kepada kampung-kampung yang lain untuk melakukan hal yang sama.” jelas Tri Harjono, Ketua Umum JFCT, Kamis (14/9/2017) di Smesco Jakarta.

Terkait investasi, lanjut Tri, sangat relatif, namun yang terpenting adalah sikap mental untuk melakukan kegotongroyongan. Sikap pemerintah sejauh ini positif dan mendukung namun pemerintah masih membutuhkan masukan.

“Saya yakin kalau sikap dari warga dan perusahaan bersama-sama melakukan, saya yakin akan berhasil. Rencananya tahun 2018 saya berharap ada contoh.” harapnya.
IMG-20170914-WA0072-512x307

Sementara itu, Suryanto, Manager CSR PT Greto Jago menyambut baik sekali rencana tersebut. Menurutnya, jika dikembangkan disetiap koorporasi di Indonesia, akan menjadi gerakan masif secara nasional.

“Itu suatu project yang menurut kami bukan hal yang mustahil dilakukan oleh koorporasi dan akan bisa mempercepat pembangunan di Indonesia.” ungkapnya.

Kami, tambah Suryanto, melihat sebuah investasi sosial sangat memberikan nilai plus bagi koorporasi terutama bagi aspek keberlanjutan dari suatu kegiatan dimana perusahaan itu akan jauh lebih kondusif ketika masyarakat di sekitarnya lebih banyak membantu baik diminta ataupun tidak mereka mendukung kegiatan-kegiatan yang kami programkan. (my)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *