Jokowi Imbau TNI Tidak Berpolitik Praktis, DPR : Wajar Saja, Jokowi Itu Panglima Tertinggi TNI

IMG-20171005-WA0070
JurnalNusantara.com – Imbauan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar TNI tidak terlibat politik praktis dinilai wajar. Terlebih, seorang presiden adalah panglima tertinggi TNI.

“Sebagai panglimanya panglima, wajar untuk mengingatkan itu. Itu warning,” kata Anggota Komisi I DPR Jazuli Juwaini di Gedung DPR Senayan Jakarta, Kamis (5/10/2017). Namun, Jazuli mengaku tidak melihat TNI sedang bermanuver politik. 

“Kalau seorang panglima diundang partai politik datang itu bukan berarti bermanuver politik,” ujar Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini. Sebab, lanjut dia, yang dibicarakan pun mengenai bangsa, negara, Pancasila maupun NKRI.

Menurut dia, tidak ada kontrak politik atau perjanjian politik setiap pertemuan partai politik dengan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo selama ini.

“Dan yang dijelaskan panglima bahwa panglima dan TNI harus berpolitik tapi politik negara. Itu sudah benar dan tidak ada yang perlu dipertentangkan. Semuanya pas,” ungkapnya.

Adapun imbauan Presiden Jokowi itu disampaikan dalam peringatan HUT ke-72 TNI di Dermaga Pantai Indah Kiat Cilegon, Banten, tadi pagi. Jazuli menilai pernyataan Presiden Jokowi itu tepat. (SR)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *