Mendagri: IPI Harus Berperan Dalam Pembangunan dan Kemajuan Bangsa

20171007IPI-2_crop_383x173
JurnalNusantara.com – Keberadaan Ikatan Pesantren Indonesia (IPI) ditengah masyarakat diharapkan dapat berperan dalam menekan angka golput atau masyarakat yang tak menggunakan hak pilihnya di setiap pesta demokrasi. Harapan ini disampaikan Menteri Dalam Negeri RI Tjahjo Kumolo saat menghadiri pelantikan pengurus wilayah IPI Jawa Timur, Sabtu (7/10/2017) di Surabaya.

“IPI harus berperan agar setiap pemilu maupun pilkada membantu mengajak masyarakat menggunakan hak pilihnya. IPI memiliki peran memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan maupun kemajuan Bangsa Indonesia, salah satunya dengan berpartisipasi dalam mewujudkan demokrasi yang berkualitas,” ujar Tjahjo.

Ia menambahkan, pentingnya menggunakan hak pilih meskipun membutuhkan anggaran besar, namun diharapkan mampu membantu mencetak pemimpin yang berkualitas dan amanah sesuai pilihan rakyat karena dipilih secara langsung.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum DPP IPI Zaini Ahmad mengatakan, anggota dan santrinya selalu mendukung demokrasi di Indonesia. Selain politik, IPI juga meningkatkan kualitas santri, baik ekonomi, pariwisata maupun teknologi informasi.

“Di bidang ekonomi, kami akan ada pameran produk santri tingkat internasional yang bekerja sama dengan Kementerian BUMN, kemudian pengembangan wisata oleh santri, hingga digital pesantren yang kami terapkan nantinya di seluruh Indonesia,” katanya.

Sementara itu, Ketua DPW IPI Jatim KH Asy’ari Mahfud bersyukur atas lancarnya proses pelantikan dengan dukungan berbagai pihak membantu mewujudkan peran nyata santri untuk masyarakat.

“IPI harus mampu menjadi perekat umat dan meningkatkan kualitas menuju Indonesia yang adil dan makmur,” tutupnya. (red/ipi)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *