Yayasan Pecinta Danau Toba Tuntut Pemulihan Air Danau

IMG-20171010-WA0054_crop_715x651
JurnalNusantara.com – Tim Litigasi Yayasan Pecinta Danau Toba yang terdiri dari Robert Paruhum Siahaan, SH, Deka Saputra Saragih, SH, MH, FX Denny Satria Aliandu, SH, Antonius Triyogo Whisnu G, SH, dan Ignatius Yoga Adinugroho, SH, Mkn menggugat para tergugat terdiri dari PT Aquafarm Nusantara, PT Suri Tani Pemuka, Menteri LHK, Gubernur Sumatera Utara, Bupati Simalungun, Bupati Samosir, dan Bupati Toba Samosir. Gugatan yang didaftarkan ke PN Jakarta Pusat karena melanggar Pasal 69 ayat (1) huruf a UU Nomor 32 tahun 2009 dengan tuntutan pemulihan fungsi air Danau Toba senilai 905 triliun lebih.

Sebelumnya, Presiden Jokowi dalam rapat terbatas bersama menteri usai menghadiri Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba di Simalungun menyatakan bahwa Danau Toba merupakan bagian 10 kawasan strategis pariwisata nasional yang diprioritaskan untuk dikembangkan oleh kementerian pariwisata dan merencanakan kegiatan terkait kelestarian danau toba, pembersihan lingkungan danau toba akan dievaluasi terkait keramba-keramba.

Dua perusahaan besar PT Aquafarm Nusantara dan PT Suri Tani Pemuka hingga saat ini masih melakukan kegiatan usaha perikanan dengan cara membuat keramba jaring apung (KJA) di perairan Danau Toba yang membutuhkan pakan ikan.

Plt. Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi menyebutkan jika mengutip paparan menteri LHK, dari 250 ton pakan yang dimasukkan ke Danau Toba setiap hari, hampir 20 persen tidak dimakan ikan dan mengendap ke dasar danau, akibatnya kualitas air danau menjadi tercemar.

Berdasarkan laporan Status Lingkungan Hidup Provinsi Sumut tahun 2015 menyatakan bahwa sebanyak 18 titik telah tercemar. Yayasan Pecinta Danau Toba (YPDT) melalui PT Sucofindo telah melakukan pengambilan data, pengolahan dan analisis terhadap kualitas air Danau Toba.

Akibat pencemaran tersebut, tentunya akan menghalangi pelaksanaan Danau Toba sebagai Destinasi Pariwisata kelas dunia. Disamping itu, warga setempat juga kesulitan menemukan air minum bersih. (han)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *