ICMI: Istilah Pribumi Dalam Pidato Sah-Sah Saja

IMG_20171018_145806-640x480
JurnalNusantara.com – Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI), Prof. Dr. Jimly Asshiddiqie, SH menilai istilah “pribumi” dalam pidato perdana Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sah-sah saja sebagai istilah dalam pidato politik, asalkan tidak menjadi kebijakan politik atau menjadi istilah hukum.

“Istilah pribumi secara hukum tidak lagi diperkenankan sejak reformasi. Jadi istilah pribumi dalam pidato sah-sah saja asal jangan menjadi kebijakan politik, artinya Sebagai pidato politik boleh saja karena secara hukum tidak lagi dikenal istilah pribumi.” ujar Jimly, Rabu (18/10/2017) di kantor ICMI Jakarta.

Sebagai istilah politik, lanjut Jimly, nyatanya memang ada yang terpenting jangan dibesar-besarkan. Saran saya kerjakan saja jangan terlalu banyak pidato daripada menimbulkan polemik.

“Saya percaya Anies akan menjadi gubernur untuk semua warga Jakarta, namun kita juga menyayangkan dengan sikap mantan gubernur yang tidak menghadiri pelantikan, seolah-olah ingin mempertontonkan kepada publik tidak mendukung gubernur yang baru,” pungkasnya. (my)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *