Mensos Minta Peran Aktif Daerah Untuk Validasi Data Secara Update

IMG-20171206-WA0012
JurnalNusantara.com – Menteri Sosial secara resmi membuka acara Badiklitpensos Expose 2017 dengan Thema ” Refleksi 2017 dan Ekspektasi 2018″ yang dihelat di Gedung Aneka Bhakti Kemensos, Jakarta, Rabu (6/12/2017).

Hadir dalam pembukaan acara tersebut dirjen dan direktur di Kementerian sosial beserta jajarannya serta tamu undangan.

Khofifah mengatakan verifikasi dan validasi data secara online sangat membutuhkan peran aktif pemerintah daerah provinsi, kabupaten/kota, serta keterlibatan masyarakat.

Hal inilah, yang harus didorong oleh semua pihak sistem informasi tersebut guna kelancaran validasi datanya. “Kemarin sudah ada 261 kabupaten kota yang sudah continue dan update,” imbuhnya.

Jadi, lanjut Khofifah, kalau validasi ini tidak disupport oleh daerah tentunya memang tidak bisa mendapatkan data yang ter validasi lebih update. “Saya mohon kepada pemerintah daerah berkenan update untuk validasi data secara online, karena kami tidak punya anggaran untuk update. Kalau kita mau validasi tanpa anggaran, ya kita berharap daerah bisa melaksanakan undang-undang No.23 Tahun 2011 itu,” jelasnya.

Soal anggaran sebelumnya Kemensos telah mengusulkan dengan skema KBBI yakni, adalah kerjasama pemerintah dan badan usaha. Hal ini diusulkan, menurut Khofifah, karena banyak hal agar validasi data bisa diakukan dengan APBN yang hanya cukup untuk tujuh Kabupaten dari 514 kabupaten kota.

“Jadi kita tidak boleh mengeluh atau kita putus asa dengan anggaran yang memang tidak tersebut, maka kita lakukanlah dengan siskadasatu,” pungkasnya.

Oleh karenanya, nyalakan lagi siskadasatu tapi siskadasatu itu sistem informasi dan konfirmasi data sosial terpadu. “Dan untuk siskadasatu bulan Desember kita luncurkan lagi bulan Maret. Kita masuk lagi di bulan Mei bulan Juni, akan kita sampaikan ke Bappenas supaya kita dibantu menyiapkan skema KPB,” jelas calon gubernur di Pilgub Jawa Timur 2018 itu. (SR)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *