Masih Banyak Data Belum Terupdate, Mensos Gelar Kembali Rakornas Data Terpadu 2018

IMG-20180212-WA0024
JurnalNusantara.com – Menteri Sosial Idrus Marham telah resmi membuka kegiatan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Data Terpadu Tahun 2018.

Kegiatan yang berlangsung di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara dihadir seluruh eselon satu Kemensos dan kepala dinas sosil daerah kabupaten/kota serta undangan.

Mensos Idrus mengatakan rakornas digelar karena memandang masih banyaknya data-data yang belum terupdate di lapangan. Hal ini, kata Dia, perlu adanya peningkatan ketetapan sasaran serta penyesuaian melalui verifikasi dan validasi data terpadu.

“Harus dilakukan rakornas, walaupun sudah dilakukan beberapa kali, namun blm adanya penyesuaian data terpadu yang ada di kabupaten/kota. Belum semuanya terupdate,” kata Idrus saat keterangan persnya, Senin (12/2/2018).

Untuk itu, mantan Sekjen Golkar ini mengajak agar menjadi momentum bagi semua agar tidak terjadi lagi data yang belum terupdate bila ada perubahan-perubahan didaerah harus segera disesuaikan.

“Bila terjadi data-data yang belum terselesaikan akan menjadi masalah didaerah. Jika terjadi ada permasalahan, jangan kemensos yang didemo nanti, demo saja dinas sosial yang ada didaerah,” ujar Mensos yang selalu berkelakar ini dalam setiap sambutan.

Pelayanan pemerintah, lanjutnya, terhadap rakyat tidak alasan untuk tidak produktif, tidak tepat dan tidak kreatifitas. Terlebih tugas untuk mengupdate perkembangan data kemiskinan melalui data terpadu.”Semua harus dipastikan tepat pada sasarannya,” imbuhnya.

“Kita ingin rakornas ini akan menjamin secara faktual data yang ada di kemensos center yang mencerminkan fakta di lapangan dan perkembangan fakir miskin didaerah,” kata Idrus.

“Dan berdasarkan perkembangan data yang ada, sekitar 26,58 juta atau 10,21 persen terjadi penurun kemiskinan sekitar 0,5 persen di pemerintahan Presiden Jokowi.Nah hal ini, kita berharap jumlah kemiskinan dari waktu ke waktu menurun,” harapnya.(SR)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *