Ajip Rosidi, Sang Inspirator Karya Sastra Indonesia

IMG_20180224_223758-1152x648
Jurnal Nusantara.com – Eksistensi dalam karya sastra tak pernah henti dituangkan oleh Ajip Rosidi dalam mewarnai sastra Indonesia meski usianya telah mencapai 80 tahun. Untuk memperingati karya-karya yang dihasilkan Ajip Rosidi, Voice of Indonesia bersama Yayasan HB Yassin menggelar acara 6 Dekade Ajip Rosidi Mewarnai Sastra Indonesia.

“Saya bersama teman-teman voice of Indonesia menggagas bersama acara 6 Dekade Ajip Rosidi Mewarnai Sastra Indonesia. Dalam hal kreativitas, aktivitas karya sastranya saat ini mencapai 232 buku. Beliau juga memiliki dan selalu menerbitkan buku-buku baru dan Pustaka Jaya adalah penerbit. Hampir tiga puluh tahun lamanya, Ajip Rosidi adalah orang yang memberikan hadiah sastra yang diberikan kepada berbagai daerah serta sebagai penggagas lahirnya sebuah perpustakaan di Bandung,” ucap Abrory Akan Djabbar, Wakil Ketua Yayasan Hb Yasin, Sabtu (24/2/2018) di studio RRI Jakarta.

Sebagai generasi muda, lanjut Abrory, kita harus bisa melanjutkan karya-karya yang baik sebagaimana hasil sastra yang beliau catat untuk menyampaikan kebijakan kebenaran dan terus mengembangkan masalah sastra di Indonesia hingga bangsa kita menjadi bangsa yang mampu menggunakan nuraninya.

Eep Saifulloh Fatah, sahabat Ajip Rosidi menilai sosok Ajip bukan hanya yang umum tapi analisis sastra. Dibalik karyanya, ada satu kualitas dalam usia 12 tahun sudah memerdekakan dirinya oleh tirani yang bercokol dalam fikirannya.

Sementara itu, Ajip Rosidi mengungkapkan dirinya sangat bersyukur karena masih bisa bertemu ditengah kondisi tubuhnya yang sedang sakit jantung hingga dipasang sebanyak 6 ring.

“Prostat saya dioperasi, selain itu penyakit gula. Jadi saya betul-betul bersyukur,” ungkap Ajip. (my)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *