Gelar Rakor, KPU Undang 15 Parpol Peserta Pemilu 2019

IMG-20180313-WA0104

JurnalNusantara. com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar rapat koordinasi dan sinkronisasi nama dan tanda gambar partai politik peserta pemilu dan desain surat suara pemilihan anggota DPR, DPD dan DPRD Provinsi dan Kaputen/kota di Ruang Sidang Utama, Kantor KPU, Jakarta, Selasa (13/3/2018).

Dalam persiapan itu, KPU mengundang perwakilan 15 parta politik nasional peserta pemilu 2019 untuk membahas sekaligus meminta pandangan mereka.

Komisioner KPU, Hasyim Asy’ari mengatakan, desaian surat suara sebagaimana dalam Pemilu untuk DPR, DPRD provinsi kabupaten/ kota itu disebutkan desain memuat tanda gambar partai, nama partai, nomor urut partai, dan kemudian nama calon dan nomor urut. 

“Kalau nama dan nomor belum kita bahas karena baru sampai tahap pencalonan dapil aja belum ditetapkan,” ujar Hasyim di Kantor KPU.

Hasyim menambahkan, rencana desain gambar partai politik dalam kertas suara akan disesuaikan dengan gambar atau logo yang terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM. Menurut dia, seluruh desain gambar nantinya akan dituangkan ke dalam Peraturan KPU (PKPU).

“Supaya apa ketika KPU melakukan desain dan itu sudah sesuai dengan yang dimiliki oleh partai terutama itu untuk kepentingan desain surat suara,” kata mantan Ketua KPU Jawa Tengah ini. (SR)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *