Hindari Efek Negatif, Perlu Etika Dalam Bermedsos

IMG-20180508-WA0023
JurnalNusantara.com – Meningkatnya pengguna media sosial di Indonesia cenderung memberi warna dan berdampak pada kehidupan berbangsa dan bernegara. Jodhi Yudono, Ketua Ikatan Wartawan Online Indonesia berpendapat, diperlukan sebuah komitmen, etika, dan kekuatan moral bagi pengguna media sosial agar mampu menangkal dampak negatif.

”Di Indonesia perkembangan sosial media sudah sangat pesat dan sosial media sudah menjadi jalan tol. Pada hakekatnya sosial media adalah wahana untuk berkomunikasi. Disitu ada ruang yang sangat bebas, bahkan bisa dikatakan tidak ada kontrol. Oleh karena itu, perlu komitmen pengguna medsos untuk membangun persatuan dan kebangsaan. Beretikalah dalam bermedsos karena etika itu cermin budaya bangsa dan jadikan medsos sebagai kekuatan pemersatu bangsa bukan menjadi pemecah belah,” ujar Jodhi, dalam diskusi media yang diselenggarakan oleh Social Media For Civic Education(SMCE) dengan tema Fitrah Media Sosial: Jejaring Sosial Atau Jejaring Politik, di Margonda Depok, Senin (7/5/2018).

Ketua Serikat Media Siber Indonesia, Auri Jaya mengingatkan, sosial media adalah suatu wahana atau suatu platform yang memiliki kebebasan, artinya masyarakat atau siapa saja bisa menggunakan. Namun demikian, berhati-hatilah jika ada sengketa yang menyangkut karya tulis yang ada di media sosial akan diselesaikan melalui pihak Kepolisian, bisa menggunakan UU ITE atau pencemaran nama baik dan ujaran kebencian, itu ranahnya di Kepolisian.

Dalam kesempatan yang sama, Pegiat Media Sosial, Neno Warisman, mengemukakan, dinamika di tahun politik sangat tinggi dibutuhkan sikap yang lentur. Misalnya karena ini abstraktur institusion, yang tidak ada organisasinya, tidak ada ketuanya, jadi kita menggelindingkan saja seperti aksi Hastag 2019 Ganti Presiden, namun yang jelas harus pada koridor konstitusi. Yang kita tuju adalah Indonesia yang bermartabat. (red)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *