AMPUH Desak KPK Tuntaskan Kasus BLBI

IMG-20180809-WA0022

JurnalNusantara.com – Sejumlah massa dari Aliansi Mahasiswa Peduli Hukum (AMPUH) mengelar aksi di kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jalan Rasuna Said Jakarta, Kamis (9/8/2018). Dalam aksinya, AMPUH menuntut KPK mengusut tuntas diantaranya persoalan BLBI yang belum tuntas.

“Kami atas nama Aliansi Mahasiswa Peduli Hukum (AMPUH) meminta kepada KPK dan aparat penegak hukum lainnya untuk mengusut tuntas,” tegas Andy, koordinator aksi.

AMPUH meminta KPK untuk segera membuka kembali kasus-kasus hukum yang menyeret pihak yang terlibat dalam korupsi dan mengusut tuntas kekayaannya yang terindikasi bermasalah dan penuh kejanggalan. Pada saat Pemerintahan Soeharto, beberapa pejabat diduga berperan mengucurkan dana Bantuan Likuiditas Bank Indonesia atau BLBI, sebesar 144,5 triliun rupiah.

Sementara itu, Suparji, pakar hukum menilai sudah saatnya kasus yang menyangkut BLBI ini dituntaskan. Ia mengaku setuju bahwa prinsip dasar pengembalian keuangan negara menjadi tujuan utama.

“Memang efisien menjadi pertimbangan hukum namun perlu diketahui bahwa penegakan hukum perlu dilakukan agar sampai tidak terjadi lagi dikemudian hari. Oleh karena itu KPK harus bertindak profesional dan adil. Kita tunggu kinerja KPK dan pengadilan dalam persoalan ini,” jelas Suparji. (red)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *