Mensos Sebut Bukan Jaminan Fasilitas Akan Melahirkan Anak Berprestasi

IMG-20180810-WA0026

JurnalNusantara.com – Ada banyak anak dari Program Keluarga Harapan (PKH) yang berprestasi dengan bermodal fasilitas yang sangat minim, artinya bahwa fasilitas bukanlah menjadi suatu jaminan untuk melahirkan anak berprestasi.

Demikian hal tersebut dikatakan Menteri Sosial Idrus Marham saat Coffee Morning di Kantor Kemensos, Jumat (10/8/2018).

Intinya, anak-anak tidak usah bergantung pada fasilitas yang serba ada dan banyak, belajarlah dalam hidup kemandirian. Idrus mencontohkan, banyak juga anak dari seorang pejabat yang tidak berprestasi. Karena diri dari seorang anak itu bergantung pada orang tua dan tidak ada kemandirian.

“Jadi parameter orang yang berprestasi, bukan karena seorang anak pejabat atau mempunyai fasilitas banyak. Tapi adanya produktivitas dan kemandirian serta keinginan terus untuk belajar,” jelasnya.

“Ada ratusan bahkan ribuan anak Indonesia yang berprestasi sudah dapat mengangkat derajat keluarganya. Hal itu terjadi bila Kemensos jadi epicentrum masyarakat Indonesia,” tambahnya.

Dalam acara Gebyar Prestasi yang akan digelar Minggu (12/8/2018) di Bumi Perkemahan Cibubur nanti, Presiden Joko Widodo (Jokowi), lanjut Idrus, akan bertemu dengan 2500 anak-anak berprestasi dan 1500 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH. “Tentunya hadirnya Presiden Jokowi untuk memberikan inspirasi kepada anak-anak Indonesia,” katanya.

Selain Presiden Jokowi, akan dihadiri juga para Menteri Kabinet Kerja, anggota DPR, lembaga mitra kerja nasional dan internasional, pemerhati dan praktisi anak, serta anak-anak penyandang disabilitas, Pendamping PKH, Petugas Panti, Relawan Sosial, Satuan Bakti Pekerja Sosial (Sakti Peksos), Perguruan Tinggi dan Dinas Sosial dari berbagai provinsi/kabupaten/kota.

Mensos juga menjelaskan bahwa Gebyar Anak Berprestasi dikemas unik dan menarik yang nantinya akan ada satu panggung utama (Planet Matahari) yang dikelilingi oleh planet-planet.

“Ada sebanyak sembilan planet yang akan mengitari panggung utama yakni, Planet Gerak (prestasi olah raga), Planet Ilmu (prestasi akademik), Planet Hati (prestasi keagamaan), Planet Seni (prestasi seni dan budaya), Planet Unik (prestasi yang unik), Planet Kreatif (produk ekonomi kreatif), Planet Dolanan (permainan tradisional), Planet Ceria (permainan anak-anak) dan Planet Kuliner (jualan aneka makanan produk KPM yang sudah graduasi),” ungkapnya.(SR)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *