Pengamat: Peluang Kedua Pasangan Capres Berimbang

CollageMaker_20180811_154150418-768x768
JurnalNusantara.com – Masa pendaftaran calon presiden dan wakil presiden untuk pemilihan presiden tahun 2019 mendatang yang berakhir 10 Agustus 2018 lalu menghasilkan dua pasangan capres-cawapres yaitu Jokowi-Ma’ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga Ini. Dr. Jerry Massie, Peneliti IPI memprediksi kedua pasangan akan memiliki peluang imbang secara head to head.

“Kalo saya lihat, peluang head to head kedua pasangan berimbang dimana Prabowo mengandalkan 80 juta pemilih pemula yang kini disebut generasi milenial. Sementara pemilih jaman now yang seperti dijadikan produk Politik akan dimainkan oleh koalisinya Jokowi oleh timsesnya untuk menjaring pemilih pemula ini. Peluang kedua pasangan ini akan bisa diraih ketika tim suksesnya bagus, konsultannya bagus, partainya bergerak bagus dan ditopang finansial,” ujar Jerry, Sabtu (11/8/2018) di Jakarta.

Jerry menambahkan, dari 156 juta pemilih, kelompok Sumatra lebih cenderung ke Prabowo namun dengan hadirnya Ma’ruf Amin maka konstalasi politik bisa saja berubah. Sementara untuk daerah Sulawesi dan Gorontalo masih relatif ke Prabowo tetapi basisnya Golkar disana kuat.

“Pertarungan ini sebenarnya ada di 4 daerah di Jawa semua yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Yang menarik adalah PKS yang kemungkinan bisa terjadi pecah suara walaupun saat ini gabung dengan Prabowo tetapi dalam batin tidak dipungkiri akan senang ke Ma’ruf Amin karena beliau tokoh MUI. Jadi yang terpenting kekuatannya adalah ketika Jokowi menang di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur maka akan tercover semua suara di pulau Jawa itu,” ungkapnya. (my)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *