Wirausahawan Pemula Wajib Bangun Sinergi dan Networking

IMG_20180825_145626-1152x648-460x259

JurnalNusantara.com – Jumlah wirausahawan di Indonesia yang belum mencapai angka ideal yaitu 2 persen dari jumlah penduduk mendorong generasi muda termotivasi untuk mau menjadi pelaku usaha baru. Hal ini terlihat dengan adanya Gerakan 15.000 wirausaha yang digagas oleh Himpunan Mahasiswa Islam.

Didik Mukrianto, Anggota Komisi III DPR RI berpendapat, jika berbicara wirausaha, kuncinya adalah bagaimana membangun sinergi dan networking yang baik. Oleh karenanya, ia menekankan agar kaum muda dapat membangun sinergi dan networking yang baik agar tercipta banyak peluang dalam usaha.

“Memang dalam usaha bukan tanpa resiko, namun ketika kita mempunyai banyak sahabat maka risk itu bisa berkurang, artinya satu step sudah terbangun. Oleh karena itu dengan membangun persahabatan maka networking akan berjalan dengan baik. Semakin banyak informasi yang masuk maka makin banyak peluang bisnis yang mampu kita jalankan,” ujar Didik dalam Focus Group Discussion bertema Menakar Keberpihakan RUU Kewirausahaan Terhadap Youth Enterpreuner Zaman Now, Sabtu (25/8/2018) di Jakarta.

Hal senada diungkapkan Ketua HIPPI Jakarta Pusat, Aldi Prastianto. Menurutnya, seorang pemuda harus mau berorganisasi dan berfikir kreatif serta inovatif untuk menciptakan terobosan-terobosan baru di dunia usaha.

“Kita harus berfikir kreatif dan inovatif untuk membangun terobosan baru. HIPPI siap bersinergi dengan siapapun termasuk karang taruna. Saya juga mengajak HMI jika butuh konsep wirausaha, kami siap jadi mentor dan pendanaan,” ungkapnya.

Sementara itu, terkait dengan RUU Kewirausahaan, Aldi berharap RUU tersebut dapat mengakomodir wirausaha-wirausaha pemula (start up) dan dapat menjadi sinergi antara pusat dan daerah serta memberikan manfaat bagi kewirausahaan ini dengan diberikannya kemudahan misalnya dalam segi pengurusan hak cipta.

“Setelah UU Kewirausahaan ini lahir, peranan kita nantinya adalah bagaimana mensosialisasikan RUU itu agar kita semua tahu,” pungkasnya. (my)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *