Gelar Bhakti Sosial di Lombok, Unhan : Berikan Moril, Semangat agar Masyarakat Segera Bangkit dan Pulih

IMG-20180912-WA0027

JurnalNusantara. com – Universitas Pertahanan (Unhan) melaksanakan bhakti sosial “Peduli Korban Gempa bumi Lombok” yang dipimpin oleh Dekan Fakultas Keamanan Nasional Laksda TNI Dr. Siswo Hadi Sumantri, ST, M.MT., didampingi Guru Besar Unhan Prof. Dr. Syamsul Maarif, M.Si., serta perwakilan mahasiswa Unhan dari Prodi Manajemen Bencana Fakultas Keamanan Nasional, pada 10 – 12 September 2018.

Dekan Fakultas Keamanan Nasional Laksda TNI Dr. Siswo Hadi Sumantri, ST, M.MT mengatakan bhakti sosial yang dilaksanakan ini sebagai tindak lanjut dari kegiatan aksi penggalangan dana untuk korban bencana gempa bumi Lombok yang sebelumnya telah dilaksanakan oleh Unhan. Pelaksanaan bhakti sosial ini, lanjut Dia, terdiri dari serangkaian kegiatan diantaranya, kunjungan ke Markas Lumbung Pangan, Markas Komando Satuan Tugas Gabungan Terpadu (Makosatgasgabpad), serta Kantor BMKG Provinsi NTB disertai penyerahan bantuan dari Unhan kepada masyarakat pada beberapa desa yang terkena dampak bencana di Lombok.

“Aksi bhakti sosial ini diawali dengan kunjungan ke Markas Lumbung Pangan (Lumpang), dimana Lumpang Pangan adalah salah satu kelompok relawan yang aktif terlibat dalam pemberian bantuan dan pelatihan rehabilitasi ekonomi masyarakat menengah ke bawah,” ungkap Siswo dalam rilisnya yang diterima JurnalNusantara. com, Rabu (12/9/2018).

Kemudian kegiatan ini dilanjutkan dengan mengunjungi Markas Komando Satuan Tugas Gabungan Terpadu (Makosatgasgabpad) yang dipimpin oleh Mayor Jendral TNI Madsuni, SE. Dalam kegiatan tersebut, ungkap Siswo, rombongan Unhan menerima penjelasan dari Asisten Operasi (Asops) penanganan gempa Lombok yaitu, Kolonel Inf Hengki Yuda Setiawan tentang penanganan gempa bumi Lombok. “Dalam paparannya disebutkan telah terbentuk struktur kerjasama antara sipil militer dalam penanganan bencana di Lombok, namun demikian, tetap diperlukan adanya sinergitas dalam hal komunikasi dan koordinasi agar lebih optimal,” jelasnya. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Direktur Penanganan Pengungsi BNPB Tavip Joko Prahoro, SE, MM.

Selanjutnya, rombongan Unhan mem berikan bantuan ke desa yang ada di Kabupaten Lombok Timur, yaitu desa Pringgabaya dan Desa Sembalia.
Bhakti sosial Dekan FKN bersama dosen dan mahasiswa Unhan juga melihat lebih dekat desa di Kabupaten Lombok Barat, yaitu Desa Selat dan Desa Nyur Lembang sekaligus menyerahkan bantuan kemanusiaan.

Usai memberikan bantuan, rombongan Unhan melanjutkan kegiatannya dengan mengunjungi Kantor BMKG Provinsi NTB. Dan dilanjut kunjungan ke Desa Malimbau Kabupaten Lombok Utara guna menyerahkan bantuan juga kepada masyarakat setempat. Kegiatan yang dilakukan Unhan ini, Siswo mengharapkan dapat memberikan dukungan moril dan memberikan semangat agar segera bangkit dan pulih.

“Dan masyarakat diharapkan mampu beraktivitas seperti biasanya dan menghilangkan traumanya tanpa takut untuk kembali ke kediamannya masing-masing,” tandasnya. (SR)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *