LPS Dukung Kegiatan Riset Keuangan di Indonesia

IMG-20180925-WA0013
JurnalNusantara. com – Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menggelar LPS Research Fair 2018 untuk mengamati dan mendalami sejumlah riset di bidang keuangan. Ketua Dewan Komisioner LPS Halim Alamsyah menyatakan, Research Fair 2018 ini merupakan bagian dari program transformasi LPS untuk mendukung kegiatan riset yang kian berkembang di Indonesia. 

“Research Fair ini memberi manfaat sekaligus pandangan baru terkait stabilitas sistem keuangan yang merupakan area yang sedang berkembang dewasa ini, apalagi Indonesia perlu melakukan banyak riset yang harus dilakukan dalam memecahkan beberapa masalah,” ujar Halim dalam sambutannya, di Hotel Luwansa, Jakarta, Selasa (25/9/2018).

Saat ini, LPS menerima sebanyak 45 proposal dari 26 universitas. Dari jumlah tersebut, terdapat 27 proposal yang lolos seleksi. Kemudian disaring dan dievaluasi lagi hingga mendapatkan delapan proposal terbaik yang akan didanai oleh LPS.

Adapun delapan proposal pilihan yang akan dipresentasikan dan didiskusikan dalam LPS Research Fair 2018 tersebut yakni, pertama Stabilitas Sistem Perbankan dan Pendekatan Ekonomi Behavioral: Studi Kasus Nasabah Premium di Indonesia. Kedua, Konsolidasi, Manajemen Risiko dan Mekanisme Disiplin Pasar di Perbankan Indonesia.

Ketiga, Simpanan Berelasi: Baik atau Buruk untuk Stabilitas Bank. Untuk keempat, Impact of Profit-loss Sharing System on Islamic Banks Stability. Kelima, Skema Asuransi Simpanan Eksplisit dan Pengaruhnya Terhadap Stabilitas Sistem Perbankan di Indonesia.

Keenam, Pemetaan Probability Default dan Stress Testing Sektoral Sebagai Upaya Penguatan Sistem Prioritas Pembiayaan Perbankan. Selanjutnya , Manakah Indikator Terpenting Stabilitas Sistem Keuangan: Aplikasi Metode Analytic Network Process, dan terakhir Model Perhitungan Premi Asuransi Deposito Berbasis Risiko: Pendekatan Teori Penilaian Opsi.(SR)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *