Anjungan Jateng Akan Menggelar Lakon Ronggeng

Screenshot_20181007-125640_crop_432x296

JurnalNusantara.com – Anjungan Jawa Tengah Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta bakal menggelar Lakon Ronggeng Tarling, Minggu (7/5/2018). Rencananya, pentas ini akan dihadiri oleh Bupati Brebes Hj Idza Priyanti, SE, Forkopimda, Kepala OPD dan masyarakat Brebes yang berdomilisi di sekitar Depok Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi (Dejabotabek).

“Masyarakat Dejabotabek, diharapkan bisa menikmati sekaligus mengapresiasi kebudayaan Brebes. Juga ada turis asing menyaksikannya,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Brebes Amin Budi Raharjo

Kabupaten Brebes, lanjutnya, memiliki keragaman ekologi budaya yang tercermin dari keterpengaruhan dengan budaya lainnya baik dari keragaman seni, adat dan tradisi. Karakteristik ini nampak dari warna budaya Brebes Selatan yang banyak dipengaruhi budaya Jawa Banyumasan serta Brebes Utara yang kaya dengan budaya Jawa Cerbonan.

Untuk menghibur para pekerja, pihak pengusaha mendatangkan penari ronggeng dari Tinggarjaya Jatilawang. Peristiwa itu terjadi tahun 1901dan perjalanan itu berlangsung 20 hari. Sejak itulah kesenian ronggeng Banyumasan dikenal hingga kini. Memiliki areal lahan 605, 80 ha, perkebunan Kaligua dikelola oleh PTP IX Perkebunan, menjadi khazanah budaya di Kabupaten Brebes.

Gawe Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Brebes ini hasil kerja bareng dengan Dewan Kesenian Daerah Brebes, melibatkan komunitas sanggar karawitan Langen Sari Krida Utama pimpinan Ki Rakim Hardono dengan teater Kembang SMA Negeri 1 Brebes. (yud)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *