Puncak Hari Puisi Segera Digelar di TIM

IMG_20181114_131035-1152x648-460x259
JurnalNusantara.com – Yayasan Hari Puisi akan menggelar acara puncak Perayaan Hari Puisi Indonesia 2018 di Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta dengan tema Puisi Sebagai Renjana dan Sikap Budaya. Dalam puncak perayaan tersebut akan diisi dua acara yaitu Pesta Puisi Rakyat 2018 pada 17-18 November 2018 dan Malam Anugerah Hari Puisi Indonesia 2018 pada 29 Desember 2018.

“Tema ini dipilih untuk menegaskan bahwa puisi telah memberikan spirit dan renjana bagi bangsa Indonesia sebagaimana tertuang dalam puisi besar Soempah Pemuda. Diharapkan tema ini memberikan kesadaran pentingnya membangun bangsa dan negara dengan dasar kebudayaan dan puisi sebagai pintu masuk dan keluar untuk memberikan penyadaran tersebut,” ujar Maman S Mahayana, Ketua Yayasan Hari Puisi, Rabu (14/11/2018) di PDS HB Jassin, Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat.

Yayasan Hari Puisi, lanjut Maman, mencoba mengembalikan bahwa sesungguhnya bangsa ini adalah bangsa yang saling menghargai dan Yayasan Hari Puisi juga mencoba mengembalikan semangat tersebut. Selain itu puisi juga tidak terlepas dari kehidupan masyarakat. Oleh karena itu, kami merasa perlu mendirikan yayasan yang bergerak dalam puisi.

“Kami berusaha merangkum semuanya dan tidak terlibat partai tertentu karena seniman ini sangat sensitif. Alhamdulillah selama ini kami netral,” tuturnya.

Sementara itu, Asrizal Nur, Ketua Panitia, mengungkapkan bahwa tercetusnya inisiatif melahirkan Hari Puisi diawali adanya pertemuan dengan para seniman di Korea Selatan yang akhirnya disepakati 26 Juli sebagai hari puisi. Harapannya, hari puisi ini bukan hanya beban di pundak yayasan namun menjadi tanggung jawab bersama.

“Semangat kami adalah bagaimana semangat hari puisi ini terus dikibarkan. Kita berharap perjuangan kami ini mendapat perhatian dari pemerintah apalagi selama 6 tahun terakhir ini puisi menjadi trend dimana-mana,” pungkasnya. (my)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *