Luhut: Awal Tahun Depan Indonesia akan Dibangun Pabrik Baterai Litium

IMG-20181129-WA0024
JurnalNusantara.com – Menteri Koordinator (Menko) bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan bahwa di Indonesia akan dibangun pabrik baterai litium (lithium battery) pada awal tahun depan. Hal ini menjadi penanda bahwa Indonesia siap berperan dalam pengembangan kendaraan listrik.

Dia mengatakan, peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan pabrik baterai litium tersebut akan dimulai pada tanggal 11 Januari 2019. Rencana, pabrik akan dibangun di daerah Morowali, Sulawesi Tengah.

“Lithium battery tanggal 11 itu groundbreaking bulan 1 di Morowali, itu USD4 million dia invest, saya cuma siapin satu tahun. Its the biggest lithium battery producer in the world,” kata Menteri Koordinator (Menko) bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan di acara Pertamina Energy Forum (PEF) di Hotel Raffles Jakarta, Kamis (29/11/2018) 

Menurutnya, pembangunan pabrik baterai memiliki potensi yang besar. Pasalnya, penjualan kendaraan listrik mengalami peningkatan yang tajam. Saat ini, produksi baterai litium terbesar ada di China. Dengan dibangunnya pabrik tersebut, maka Indonesia akan menjadi salah satu pemain besar dalam industri tersebut.

“Indonesia harus jadi pemain utama lithium battery, kita pemain utama, kita yang kontrol market dunia. Bagaimana kita buat jadi efisien, sekarang kita jadi player,” tandasnya.(SR)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *