Merasa Terintimidasi, Warga Kampung Harjamukti Datangi Polresta Depok

IMG_20181203_140354-1152x648-460x259
JurnalNusantara.com – Puluhan warga Kampung Harjamukti Kota Depok mendatangi dan menggelar aksi demo di depan kantor Polresta Depok. Dalam aksinya, warga menuntut perlindungan hukum atas intimidasi yang dirasakan warga tersebut. Warga mengklaim, meskipun status tanah tersebut adalah tanah negara, namun warga merasa telah menempati lahan tersebut selama 25 tahun.

“Kami sudah mediasi dengan pihak kepolisian yang telah menerima kami dengan baik. Semua aspirasi dari kami akan ditampung dan kepolisian akan menjaga warga yang tidak terima terintimidasi,” jelas Kuasa Warga Kampung Harjamukti Kota Depok, Sabar Ompu Sunggu, SH., MH, usai mendampingi warga Kampung Harjamukti di Polresta Depok, Senin (3/12/2018).

Lebih jauh Sabar menjelaskan, sebetulnya persoalan sesungguhnya adalah adanya pihak-pihak penguasa besar yang tidak bisa disebutkan, yang ingin menguasai lahan warga Kampung Harjamukti sehingga masyarakat tersebut merasa resah.
IMG_20181203_131037-1152x648-460x259
Sabar juga mengajak warga Kampung Harjamukti untuk bersama-sama mengawal kasus ini agar bisa transparan dan warga merasa tenang serta bisa mendapatkan haknya menduduki tanah itu. Menurutnya, sesuai dengan Undang Dasar 45 pasal 28 bahwa warga negara berhak untuk hidup dan menempati tanah yang ditempati sekarang.

“Diharapkan dengan aksi ini, tindakan-tindakan diskriminasi yang didapatkan para warga Kp. Harjamukti Kota Depok dapat berakhir dan mendapatkan haknya sebagai warga negara Indonesia dengan mendapatkan KTP dan KK, serta didengar aspirasinya terkait permasalahan lahan Kp. Harjamukti Kota Depok yang telah mereka huni sejak tahun 1994,” imbuhnya.

Sementara itu, Sabar Sianturi, salah seorang warga Kampung Harjamukti yang mengaku menjadi korban intimidasi mendesak pihak Polresta Depok untuk menangkap dan memproses pelaku intimidasi.

“Tolong pak polisi, segera proses laporan kami karena ini menyangkut hak kami. Kemana lagi kami harus melapor persoalan ini,” pungkas S. Sianturi berharap. (red)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *