BPPT Ciptakan Pengisian Baterai Mobil Listrik

IMG-20181205-WA0012

JurnalNusantara.com – Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) terus melakukan inovasi terhadap serbuan mobil listrik. Temuan terbarunya yakni menciptakan teknologi baterai dengan proses pengisian listrik (charging) lebih cepat.

Deputi BPPT Bidang Teknologi Informasi Energi dan Material (TIEM) Eniya Listiani Dewi mengatakan, BPPT menyiapkan tiga unit pusat pengisian energi untuk mobil listrik. Salah satu perangkat pengisian listrik memiliki suplai listrik 52 kw. Dengan begitu, alat pengisian yang bakal dipasang di kantor BPPT Jakarta itu bisa mengisi tenaga mobil listrik sekelas Tesla dalam tempo kurang dari 20 menit. Sebagai perbandingan, standar pengisian di perumahan bisa sampai 6 jam. Sementara itu, satu alat lagi bakal dipasang di kantor BPPT di Serpong dengan suplai listrik 32 kw. Karena suplai listriknya lebih kecil, durasi pengisiannya sekitar 2 jam.

Eniya mengatakan, sumber energi alat pengisian mobil listrik di kantor BPPT nanti tersambung dengan listrik PLN dan listrik dari solar cell. Komposisinya masih lebih didominasi listrik dari PLN. Sementara itu, untuk perangkat serupa yang nanti ditempatkan di Sumba, Nusa Tenggara Timur, seluruh sumber listriknya bakal menggunakan listrik dari solar cell.

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) terus melakukan inovasi terhadap pengembangan  mobil listrik, serta infrastrukturnya, karya anak bangsa. Rekayasa teknologi terbarunya yakni menciptakan Stasiun Pengisian Listrik atau Electric Vehicle Charging Station (EVCS).

Stasiun Pengisian Listrik ini, sama halnya dengan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) pada kendaraan konvensional. Sejalan dengan program percepatan mobil listrik nasional, pada tahun 2018, BPPT menyiapkan 2 sistem charging station yaitu Fast charging station 50 kW di BPPT Jakarta dan smart charging station 20 kW di B2TKE-BPPT Puspiptek, Tangerang Selatan.

Wujud nyatanya, dituturkan Deputi BPPT Bidang Teknologi Informasi Energi dan Material (TIEM) Eniya Listiani Dewi, BPPT akan melakukan uji coba mobil listrik untuk operasional kantor sehari-hari dari Tangsel ke Jakarta dan sebaliknya.

Di samping itu, juga dapat digunakan oleh pengguna mobil listrik dari kalangan masyarakat sebagai langkah sosialisasi. Sebagai uji coba fasilitas di atas disiapkan 3 bahan sampel uji kendaraan, berupa kendaraan listrik roda dua, micro car, dan city car.

“Road trip kendaraan listrik dan peluncuran charging station kendaraan listrik ini akan kami lakukan hari ini Rabu 5 Desember. Mulai dari kantor BPPT Thamrin menuju Puspiptek, Tangsel. Doakan lancar ya,” ungkapnya di Kantor BPPT. (Barly)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *