Tim Kesehatan Dompet Dhuafa Cek Kesehatan Warga Terdampak Tsunami

Pengecekan kesehatan
Pengecekan kesehatan

JurnalNusantara.com – Memasuki hari ketiga pasca Tsunami menerjang pesisir Banten, warga Kampung Cibeureum, Desa Carita, Pandeglang, Banten menerima bantuan Aksi Layan Sehat (ALS) dari Dompet Dhuafa. Tim ALS Dompet Dhuafa mengecek kesehatan Warga, Selasa (25/12/2018).

“Melalui aksi layanan sehat yang kami adakan di pos Dompet dhuafa agar masyarakat sekitar peduli dengan kesehatan. Faktor makan tidak teratur, tidur yang tidak cukup bisa membuat daya tahan tubuh menurun. Selain memeriksakan kesehatan kami juga menghimbau kepada masyarakat agar memperhatikan kondisi kesehatan,” Ucap Najib Kordinator aksi layanan Sehat Dompet Dhuafa.

Gelombang tinggi yang di akibatkan oleh aktivitas anak Krakatau membuat para warga Carita yang tinggal di pesisir pantai membuat harus pulang-pergi meninggalkan rumahnya untuk mencari tempat tinggi agar terhindar dari gelombang tinggi ditambah dengan intensitas curah hujan yang turun.

Terdapat sekitar 50 orang yang memeriksakan kesehatannya ke pos Kesehatan Dompet Dhuafa. Mulai dari orang lanjut usia, orang dewasa, serta anak kecil. Pasca tsunami banyak masyarakat yang mengalami penyakit ispa, batuk, nyeri otot (mialgia) dan pusing.

Korban tsunami mulai khawatir dengan penyakit yang menyerang anggota keluarganya. Faktor makan tidak teratur dan kurangnya istirahat karena harus pulang pergi ke tempat aman untuk mengungsi merupakan faktor yang mengakibatkan daya tahan tubuh para masyarakat menurun. (Red)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *