Pemerintah Pastikan Mampu Stabilkan Pertumbuhan Ekonomi

IMG_20190110_112401-1152x648-460x259
JurnalNusantara.com – Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita mengatakan, ditengah situasi ekonomi dunia yang berubah dan adanya ketidakpastian, Indonesia masih mampu menstabilkan pertumbuhan ekonomi sebagaimana yang telah diamanatkan presiden untuk menjaga stabilitas harga dan ketersediaan barang kebutuhan pokok, meningkatkan ekspor dan neraca perdagangan, serta merevitalisasi pasar rakyat.

“Pemerintah melalui kementerian perdagangan berkomitmen untuk terus memperkuat perdagangan dalam negeri melalui stabilisasi harga dan revitalisasi pasar serta meningkatkan ekspor,” tutur Enggartiasto Lukita, Kamis (10/1/2019) di Jakarta.

Lebih lanjut Enggartiasto Lukita menjelaskan, terkait revitalisasi pasar, pemerintah telah merevitalisasi pasar sebanyak 4.211 pasar rakyat dalam kurun 2015-2018. Untuk tahun 2019, akan dibangun/merevitalisasi 1.037 pasar rakyat. Hal ini dilakukan untuk menguatkan pasar dalam negeri dengan tetap menjaga stabilitas harga serta mendorong peningkatan penggunaan produk dalam negeri.

“Saya menghimbau jangan melakukan impor selama masih ada produksi dalam negeri. Kami mengajak semua pihak untuk berpihak kepada industri dalam negeri. Impor kami lakukan kalau terjadi kekurangan atau produksinya tidak sesuai dengan harapan. Produksi yang tidak sesuai itulah diperlukan Pembinaan,” ujar Mendag.

Selain itu, sepanjang tahun 2018, beberapa upaya pemerintah berhasil dilakukan diantaranya penegakan hukum dalam rangka perlindungan konsumen semakin tegas, pengendalian impor dan perlindungan industri dalam negeri secara konsisten terus dilakukan, aktivis pemanfaatan instrumen lindung nilai (hedging) semakin meningkat. (my)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *