Tim Satgas Saber Pungli Terima Laporan Dugaan Penyerobotan Tanah

IMG-20190130-WA0029
JurnalNusantara.com – Tim Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) menerima laporan dari masyarakat terkait dugaan penguasaan tanah perkebunan seluas 39.730 M2 yang diklaim berdasarkan jual beli tahun 2011. Menurut pemilik tanah perkebunan itu merupakan warisan turun temurun dari keluarganya. Oleh karena itu, untuk menandakan kepemilikan tanah tersebut pihak keluarga menanam karet dan cempedak.

“Beberapa waktu lalu Satgas Saber Pungli menerima laporan dari masyarakat mengenai adanya dugaan penguasaan tanah perkebunan di Kalimantan Selatan,” ujar Sekretaris Satgas Saber Pungli, Irjen Pol Widiyanto Poesoeko di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa (22/1/2019).

Atas laporan tersebut, Satgas Saber Pungli memberikan saran tindak yaitu agar pemilik tanah membuat laporan pengaduan masyarakat menyangkut tumpang tindih hak atas tanah kepada Kantor Pertanahan setempat.

“Dalam hal ini diperlukan adanya pengawalan mulai dari pembentukan tim, penelitian lapangan sampai pembuatan berita acara agar hasilnya benar-benar sesuai data dan fakta yang ditemukan. Untuk itu, Saber Pungli akan ikut mengawal agar ada keadilan kedua pihak,” kata Widi.

Sementara itu, warga setempat melalui kuasa hukumnya sempat mendatangi pihak perusahaan untuk melakukan konfirmasi mengenai kepastian hukum penyelesaian ganti rugi lahan. Namun warga disarankan untuk melakukan upaya hukum di Pengadilan karena mediasi tuntutan ganti rugi lahan gagal. Pemilik tanah berharap tim Satgas Saber Pungli dapat mengawal masalah ini sampai pihak perusahaan membayarkan ganti rugi. (Yudi)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *