APJPI Terus Genjot Pembahasan Regulasi Bagi Jasa Penagihan

IMG_20190227_140535-1152x648-460x259
JurnalNusantara.com – Sekretaris Jenderal Asosiasi Perusahaan Jasa Penagihan Indonesia Bersatu (APJPI Bersatu), Emiral Rangga Tranggono, SH, CPL, mengatakan, pasca dilaksanakannya deklarasi APJPI Bersatu, tiga agenda besar yang tengah digenjot oleh APJPI Bersatu yaitu melaksanakan audiensi, merumuskan regulasi dan bagaimana caranya menjadikan organisasi ini tetap berdiri.

“Soal regulasi masih dalam pembahasan kami, yang tentunya dengan harapan ada Undang-undang khusus atau peraturan khusus baik dari OJK maupun Kementerian keuangan yang bisa menaungi perusahaan jasa penagihan baik secara entitasnya, perusahaannya, para profesional pelakunya serta jasa penagihannya,” ujar Emiral, Rabu (27/2/2019) di Kota Bogor.

Untuk membahas regulasi tersebut, lanjut Emiral, APJPI tengah menggandeng pihak NGO untuk membahasnya sebelum diajukan ke DPR RI. Sebelumnya, APJPI juga telah melakukan beberapa audiensi dengan pihak kepolisian, namun pembahasan masih terbatas soal kriminalisasi.

“Kita sedang dorong regulasi tersebut dan akan menggandeng beberapa NGO untuk membahasnya dengan harapan ada perlindungan bagi kami baik dari sisi entitas perusahaan maupun para pelakunya. Sementara itu, pasca deklarasi juga kami telah melakukan audiensi dengan kepolisian namun pembahasannya baru sebatas soal kriminalisasi,” imbuhnya.

Ia berharap, berbagai upaya untuk merumuskan regulasi bagi jasa penagihan ini dapat terealisasi dengan baik. Menurutnya, seandainya pun tidak ada regulasi, APJPI berharap dapat diperkuat melalui Undang-undang Fidusia yang selama ini tidak mengakomodir dari jasa-jasa penagihan. (my)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *