Presiden Jokowi Hadiri Deklarasi Pelopor Keselamatan

IMG_20190317_154920-1152x648-460x259
Jurnal Nusantara.com – Ribuan pengemudi dan kernet truk menghadiri deklarasi Pelopor Keselamatan yang digagas oleh Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) bekerjasama dengan Kementerian Perhubungan, Minggu (17/3/2019) di kawasan PT Pelindo II, Jakarta Utara.

Presiden Jokowi yang menyempatkan hadir dalam acara tersebut mengatakan pekerjaan yang disandang sopir truk merupakan pekerjaan yang mulia karena berperan penting membawa kebutuhan masyarakat dari satu tempat ke tempat lainnya.

“Sopir truk angkutan barang memiliki peran penting dalam menjaga stabilitas harga bahan pokok. Artinya, semakin mudah barang tersalurkan maka akan semakin stabil harga barang,” tutur Jokowi.

Sementara itu, Wakil Ketua Assosiasi Pengusaha Truk Indonesia (APTRINDO), Kyatmaja Lookman memandang perlu adanya gerakan yang dapat membangkitkan kesadaran terhadap pentingnya keselamatan dalam berkendara di jalan khususnya pengemudi truk angkutan barang.

“Gerakan ini pernah kami adakan sebelumnya pada bulan Maret 2017 melibatkan stakeholder dan pengusaha truk, untuk memaksimalkan komitmen atas keselamatan ini maka kami anggap perlu untuk melakukan lagi di Maret 2019 ini dengan melibatkan kembali stakeholder, pengusaha dan pengemudi truk seluruh Indonesia,” paparnya.

Menurutnya, tingginya angka kecelakaan di jalan raya setiap harinya, sekitar 26.000 hingga 29.000 jiwa meninggal per tahun karena kecelakaan lalu lintas di Indonesia, sehingga menimbulkan kerugian cukup besar baik moril maupun materil, hal ini juga menjadi pemicu hingga mengakibatkan kemiskinan baru. Sementara, sekitar 70% kecelakaan di jalan tol juga melibatkan Truk (50 kejadian perharinya), tingkat fatalitas kecelakaan yang tinggi diakibatkan oleh rem blong, dan lebih dari 75% Pelanggaran overloading terdapat di jembatan timbang. (my)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *