Jaga Netralitas TNI, Kodim 0503/JB Laksanakan Pembinaan

IMG-20190321-WA0039
JurnalNusantara.com – Kodim 0503/JB melaksanakan pembinaan netralitas TNI dalam Pileg dan Pilpres TA 2019 di wilayah Kodim 0503/JB. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Makodim Jakarta Barat, Kamis (21/03/19), bertema “Melalui Pembinaan Netralitas TNI Dalam Pileg dan Pilpres, Kita Wujudkan Profesionalisme TNI dengan bersikap netral dalam penyelenggaraan Pemilu baik Pileg maupun Pilpres dan senantiasa mendukung suksesnya penyelenggaraan pemilu yang luber dan jurdil di seluruh wilayah NKRI”.

Pembinaan tersebut dihadiri TNI dan PNS Kodim 0503/JB, Hipakad, Dithubad, KBT/FKPPI, Para Pasi dan Danramil Jajaran Kodim 0503/JB. Dalam kegiatan tersebut, Dandim 0503/JB, Letkol Arh R. Jatmiko Adi mengingatkan anggotanya untuk memegang teguh netralitas TNI dalam Pemilu tahun ini.

“TNI harus netral tanpa memilih atau memihak salah satu Paslon Anggota Dewan dan Capres-Cawapres dalam pemilu tahun 2019, dalam menjelang Pemilu TNI mempunyai aturan dalam undang-undang No 34 Tahun 2004 tentara rakyat, pejuang, profesional dan tidak berpolitik praktis,” tegas Letkol Jatmiko.

Ia menambahkan, politik praktis mengambil kekuasaan atau mempertahankan kekuasaan. Dalam hal apapun kita tidak boleh membantu atau memihak dalam calon-calon dalam Pemilu tahun 2019.

“Kita yang mempunyai hak pilih gunakanlah hak pilih sesuai dengan hati nurani, tidak perlu terprovokasi dengan berita hoax, info kebohongan dan omongan-omongan dari lingkungan sekitar,” imbuhnya.

Jatmiko juga meminta, agar melaksanakan pencoblosan dengan rasa aman dan nyaman di tempat TPS. Tidak ada intervensi dari orang terdekat atau keluarga untuk menekan pemilih dalam menunjukan salah satu Paslon. Tidak ada pemetaan atau mengkotak-kotakan di lingkungan masyarakat dengan adanya perbedaan dalam pemilihan.

“Tinggal 27 hari lagi kita akan melaksanakan pesta demokrasi rakyat, dimana TNI akan mengamanakan dalam terselenggaranya Pemilu tahun 2019,” tutup Dandim 0503/JB. (red)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *