Dua Tahun Belum Ada Titik Terang, KPPKN Minta Pemerintah Tuntaskan Kasus Novel

IMG_20190410_155613-1152x648-576x324
JurnalNusantara.com – Kasus penyiraman terhadap penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Novel Baswedan yang terjadi pada 11 April 2017 lalu, hari ini Kamis (11/4/1019) tepat 2 tahun sudah baginya kasus mencari keadilan hukum pasca penyerangan atas dirinya dengan penyiraman air keras ke wajahnya oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

Sebagai bentuk keprihatinan atas ketidakjelasan tindaklanjut penyelesaian hukum terebut. Kaukus Pendukung Penuntasan Kasus Novel (KPPKN) akan mengadakan Gerakan Moral lewat Sholat Subuh Berjamaah dan Do’a untuk Keselamatan Bangsa: Solidaritas Penegakan Kasus Hukum Novel.

Kordinator KPPKN, Agus Salim Thoyib mengatakan, menyoal kasus Novel, sebenamya berbagai kalangan sudah berupaya termasuk oleh KPK sendiri telah dilakukan. Diantaranya KPK meminta Presiden Joko Widodo membentuk Tim Gabungan untuk mengusut perkara tersebut. Namun alih-alih upaya pencarian keadilan atas hukum terus dilakukan, hingga 2 tahun berjalan belum juga ada political will dari pemerintah untuk menuntaskan kasus yang menciderai penegakan hukum di Indonesia tersebut.

“Belum adanya titik terang, memantik sebagian masyarakat khususnya kalangan yang tergabung dalam Kaukus Pendukung Penuntasan Kasus Novel (KPPKN) menginisiasi Gerakan Nasional Shalat Subuh dan Do’a Bersama untuk Keselamatan Bangsa secara serentak di seluruh Indonesia,” ujar Agus Salim Thoyib, Rabu (10/4/2019) di Jakarta.

Oleh karenanya, lanjut Agus, Kaukus Pendukung Penuntasan Kasus Novel (KPPKN) menyerukan kepada semua pihak khususnya pemangku kebijakan untuk melakukan Gerakan Shalat Subuh Berjamaan dan Do’a untuk Keselamatan Bangsa. KPPKN juga menyerukan kepada Capres dan Cawapres (Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Prabowo-Sandi) yang sedang berkontestasi dalam Pilpres 2109 untuk berkomitmen dalam penegakan hukum terutama kasus yang menimpa Saudara Novel Baswedan termasuk perlindungan atas aparat hukum Penyidik Pimpinan KPK. (red)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *