RSI Collaboration Center Nilai Sektor Perikanan Perlu Dikelola Secara Serius

IMG_20190411_123153-1152x648-576x324
JurnalNusantara.com – Strategi pembangunan berbasis kolaborasi sebagaimana yang diprogramkan oleh calon wakil presiden nomor urut 02, Sandiaga Salahuddin Uno diyakini akan memberikan dampak positif bagi pembangunan ekonomi. Lendo Novo, Ketua Dewan Pakar RSI Collaboration Center mengatakan, strategi ini menekankan agar masyarakat dapat bergerak, sementara pemerintah yang memfasilitasi.

“Sebenarnya yang mampu mengubah nasib adalah masyarakat. Jadi tak ada satupun kebijakan pemerintah yang dapat mengubah keadaan. Oleh karena itu, konsep kolaborasi ini butuh dukungan besar sehingga menjadi sebuah gerakan,” ujar Lendo Novo dalam jumpa pers, Kamis (11/4/2019) di kantor RSI Collaboration Center, Jakarta Pusat.

Lendo Novo menambahkan, salah satu contoh yang perlu mendapatkan fasilitas adalah sektor perikanan yang memiliki potensi yang cukup besar setiap tahunnya. Menurutnya, saat ini baru sebatas perikanan tangkap, belum mengarah kepada budidaya dan penyerapan tenaga kerja.

“Kalau kita bersungguh-sungguh dalam mengelola perikanan di Indonesia, maka kita akan menjadi terbesar di dunia,” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Dewan Pakar Bidang Pangan dan Pertanian, Haris F. Harahap mengemukakan bahwa faktor distribusi pangan saat ini menjadi kendala sehingga dampaknya adalah melambungnya harga pangan di beberapa wilayah di Indonesia.

“Seharusnya pemerintah sudah memikirkan hal ini dengan membangun infrastruktur-infrastruktur yang mendukung misalnya membangun RPH-RPH yang akan memberikan efisiensi dan nilai manfaat,” pungkasnya. (my)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *