Ini Pesan Mensos Kepada Pendamping Sosial KAT Jelang Pemilu 2019

IMG-20190416-WA0033
JurnalNusantara.com – Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan pendamping sosial Komunitas Adat Terpencil (KAT) merupakan kader-kader terbaik. Pasalnya, pekerjaan mereka sangat berat dan banyak tantangan yang akan dihadapi selama bertugas.

Hadirnya para pendamping sosial KAT sangat istimewa, dan Mensos merasa bangga berada ditengah-tengah orang istimewa.”Hari ini hari yang istimewa, karena saya berada ditengah-tengah orang istimewa,” kata Mensos Agus dalam kata sambutannya di pelepasan Pendamping Sosial KAT di kantor Kemensos Jakarta, Selasa (16/4/2019).

Lebih lanjut, Mensos juga merasa kagum karena diantara banyaknya lelaki yang ikut didalam pendamping sosial, ternyata ada sekitar 40% wanita yang lulus dalam kader ini. “Ini suatu kebanggan, ini sekali lagi merupakan suatau kebanggaan, karena wanita dapat andil untuk tugas sosial yang sangat berat ini,” ucapnya.

Dalam tugas ini, Mensos percaya bahwa para pendamping sosial KAT sudah mendapatkan bekal melalui pendidikan dan latihan di Lembang Jawa Barat selama 20 hari, dan tentunya semua itu ada manfaatnya.

“Saya yakin teman-teman semua dalam kondisi yang sangat kuat, baik mental maupun fisik yang akan bertugas di lapangan,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Mensos berpesan  selama bertugas nanti agar senantiasa selalu memegang teguh, menjaga sikap tindakan dan prilaku serta dapat menjaga diri masing-masing. Kedua, tentunya teman-teman pendamping sosial KAT sekarang sudah menjadi bagian dari pemerintah, sehingga dengan sendirinya dapat menjaga marwah kementerian sosial.

“Dan yang ketiga, semangat dan jaga kesehatan,” kata putra Ginandjar Kartasasmita ini.

Terakhir, dalam kata sambutannya Mensos memastikan dan mengingatkan para kader pendamping sosial KAT agar tidak lupa membawa atau tidak mempunyai form A5 untuk Pemilu ditempat yang akan ditugaskan.

“Teman-teman jangan sia-siakan hak pilih, karena ini adalah moment terpenting untuk bangsa ini. Dan kita punya andil untuk smua itu. Suara kalian sangat penting untuk kebaikan bangsa dan negara ini,” jelasnya.

Kegiatan ini istimewa krn besok kita nersama2 melaksanakan pemilu tp pemerintah hrs tetap jalan tdk ada vakum. Maka legiatan ini hrs diselenggarakan krn pemerintah hrs hadir.

Dalam konteks ini, menurut Mensos, ada dua hal dan tentunya secara otomatis telah membuktikan kepada bangsa yang dapat menghasilkan yang baik. Kedua, dengan menggunakan hak suaranya, maka teman-teman berusaha untuk bangsa ini agar dapat memilih dan menghasilkan pemimpin yang terbaik dan amanah.

 Untuk diketahui, pendamping sosial KAT akan bertugas selama 8-1 tahun lamanya, namun bila masih dibutuhkan maka waktunya akan diperpanjang. Dan mereka akan ditugaskan di empat wilayah provinsi Indonesia yakni, Banjarmasin, Bengkulu, Padang dan Papua.(SR)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *