HUT ke-1 PWK, Pererat Tali Silaturahmi Warga Klaten

IMG_20190504_213814-1152x648-576x324
JurnalNusantara.com – Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1440 H dan mempererat tali silaturahmi, puluhan warga Klaten se-Jabodetabek menghadiri Peringatan Satu Tahun Paguyuban Warga Klaten (PWK), Sabtu (4/5/2019) di halaman rumah susun Karet Tengsin, Jakarta Pusat. Diiringi Musik Campur Sari Babat Alas, Peringatan Satu Tahun Paguyuban Warga Klaten dihadiri Pengurus Paguyuban Jawa Tengah (PJT) serta beberapa Pengurus Paguyuban Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah.

Ketua Paguyuban Warga Klaten (PWK), Sumar Gareng mengatakan, PWK yang diresmikan oleh Bupati Klaten tahun lalu ini berawal dari paguyuban-paguyuban yang berasal dari kelompok maupun komunitas warga Klaten sejak tahun 2010, kemudian menjadi keputusan dalam Mubes warga asal Klaten di Jakarta Menjadi Paguyuban Warga Klaten.

“Sebagai wadah Silaturohim, Sosial dan komunikasi sesama warga asal Kabupaten Klaten Jawa Tengah yang merantau dan bertempat tinggal jauh dari tempat asalnya di perantauan, kami berharap agar tetap terjalin silaturahim dan komunikasi serta keakraban, sehingga tetap terbina dan terbangun persaudaraan antara sesama warga Klaten,” ungkap Sumar Gareng.

Sesuai dengan misinya, lanjut Sumar Gareng, PWK menjadi wadah sosial Kemasyarakatan dalam Ruang lingkup asal Kabupaten Klaten yang ada di Perantauan, guna mendorong terciptanya suasana kebersamaan antara anggota dengan latar belakang status sosial dan karakter yg berbeda beda sehingga dapat menumbuhkan rasa kecintaan terhadap daerah asal yaitu Klaten.

PWK menjadi wadah yang dapat memberikan pencerahan kepada setiap anggota yang ada di perantuan untuk dapat mendukung dan ikut berkontribusi dalam pembangunan untuk kemajuan daerah asal yaitu klaten. Paguyuban warga Klaten sebagai ajang untuk bertukar informasi umum, agama, budaya dan kesenian yang ada di masyarakat asal Klaten dan Indonesia umunya secara langsung melalui situs jejaring sosial facebook twitter dll.

“Degan adanya kegiatan ini untuk mendorong dan memberikan semangat untuk bergotong Royong membangun kepercayaan diantara kita, besar harapan kami bapak ibu semua pejabat yang berasal dari Klaten terus bisa memberikan kontribusi apapun demi kemajuan Paguyuban warga Klaten. Sebagaimana program pemerintah Kabupaten Klaten, kita juga mendorong dalam upaya peningkatan ekonomi dan kesejahteraan warga Klaten di perantauan,” tegas Sumar Gareng.

Dalam kesempatan yang sama, Panitia HUT ke-1 tahun PJT, Teguh Wicaksono menegaskan pihaknya bersyukur PWK sudah disahkan oleh Bupati Klaten 1 tahun lalu, sehingga hari ini kita bisa bersama-sama memperingati HUT PJT yang pertama ini, dan Kami panitia mengucapkan terima kasih pada warga Karet Tengsin, yang telah memfasilitasi tempat bagi kita semua yang ada disini.

Sementara itu, Pembina PWK, Drs Tri Budiarta, MM menegaskan bahwa PWK sudah disahkan oleh Bupati Klaten, sehingga diharapkan dapat menjadi wadah seluruh komunitas dan paguyuban warga asal Klaten, PWK juga akan terus bersinergi antara warga perantauan yang ada di Jakarta dengan warga Klaten, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan, pendidikan, sosial sehingga bisa saling membantu, dengan harapan dengan adanya PWK ini kita semakin guyub, rukun bergotong-royong untuk meningkatkan silaturahim di antara sesama, ungkapnya. (my).

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *