Bareskrim Polri Tetapkan Bactiar Natsir Tersangka Kasus TPPU, Ini kata Fahri Hamzah

IMG-20190507-WA0053
JurnalNusantara.com – Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri menetapkan tokoh Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Ulama, Ustaz Bachtiar Nasir, sebagai tersangka tindak pidana pencucian uang (TPPU).

Bachtiar diduga terlibat dalam kasus TPPU dana Yayasan Keadilan Untuk Semua (YKUS). Dia akan diperiksa pada Rabu 8 Mei 2019.

Menanggapi itu Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mempersilakan kepolisian untuk memproses kasus itu. Begitu juga dengan Bachtiar Nasir yang memiliki hak untuk membela diri. “Saya kira silakan saja beliau diproses dan beliau punya hak penuh untuk membela diri. Saya kira itu,” kata Fahri di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (7/5/2019).

Penetapan status tersangka Bachtiar Nasir tertuang dalam surat panggilan yang diterbitkan Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Ditpideksus) Bareskrim. Bachtiar dipanggil dalam kapasitas sebagai tersangka dalam kasus dugaan pengalihan aset yayasan.

Sebelumnya, Bareskrim Polri juga sudah menetapkan seorang pria berinisial IA (Islahudin Akbar) sebagai tersangka dalam kasus dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) Yayasan Keadilan untuk Semua (YKUS).

Perkara tersebut bergulir pada 2017. Ketika itu, diduga ada aliran dana dari Bachtiar Nasir, yang merupakan Ketua GNPF MUI, ke Turki. Padahal, dana yang dikumpulkan di rekening YKUS untuk donasi Aksi Bela Islam 411 dan 212. (SR)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *