Kuasa Hukum Eggi Sudjana Menilai People Power Tidak Diatur Dalam KUHP

IMG_20190519_131036-1152x648-576x324
JurnalNusantara.com – Tim Kuasa Hukum Eggy Sudjana, Erwanto mengatakan dijadikannya Eggy Sudjana sebagai tersangka terkait ungkapannya dimuka umum dinilai sebagai ancaman bagi demokrasi Indonesia. Menurutnya, isu People Power yang disangkakan kepada Eggy Sudjana tidak ada satupun diatur dalam KUHP.

“Tidak ada satupun People Power itu dalam KUHP. Maka ketika orang menyatakan people power adalah tindak pidana, itu adalah tindakan anarkis,” ujar Erwanto, Minggu (19/5/2019) di Pondok Indah, Jakarta.

Dalam kesempatan yang sama, Kuasa Hukum lainnya Abdullah Alkatiri juga mempertanyakan kasus dugaan makar dan ungkapan people power yang menjadikan ditahannya Eggy Sudjana. Bahkan ia menyinggung soal buku “Jokowi People Power” karya Bimo Nugroho dan M Yamin Panca Setia yang sudah ada sejak 2014. Dalam buku tersebut dijelaskan bahwa gerakan rakyat atau ‘people power’ menemukan momentumnya dalam konteks pemilu yang demokratis.

“Mengapa polisi tidak mengusut seruan people power pada tahun 2014 lalu. People power yang diserukan oleh Eggi Sudjana bukanlah gerakan menggulingkan pemerintah saat ini,” ungkapnya. (red)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *