Jalin Sinergi, IPI DPW Kalsel Anjangsana ke Sekda dan Kanwil Kemenag Kalsel

Pengurus DPW IPI Kalsel bersama Sekda Kalsel
Pengurus DPW IPI Kalsel bersama Sekda Kalsel

JurnalNusantara.com – Ikatan Pesantren Indonesia (IPI) secara resmi terbentuk dalam Musyawarah Nasional Pertama pada tahun 2016 yang dilangsungkan di Asrama Haji Surabaya. Sebagai organisasi kemasyarakatan baru, perlu sosialisasi dan koordinasi dengan semua pihak, pemerintah, swasta, perusahaan, ormas lainnya, supaya keberadaan organisasi dirasakan manfaatnya oleh masyarakat pada umumnya dan pesantren pada khususnya.

Dalam rangka menjalin sinergitas dengan pemerintah daerah, Dewan Pengurus Wilayah Ikatan Pesantren Indonesia Propinsi Kalimantan Selatan beranjangsana ke Sekretaris Daerah Propinsi Kalimantan Selatan H Harris Makki dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Kalimantan Selatan H Fahmi Noor.

“Kepengurusan DPW Ikatan Pesantren Indonesia Kalimantan Selatan baru terbentuk bulan April 2019 sehingga perlu silaturahmi dan koordinasi dengan semua stake holder termasuk dengan Kementerian Agama dan Pemetintah Daerah,” kata KH Mukri Yunus.

Kyai Mukri Yunus yang juga sebagai pimpinan Pondok Pesantren Nurul Hijrah menambahkan, bahwa kunjungannya pada hari Senin tanggal 17 Juni 2019 tersebut juga melaporkan rencana pembukaan Rumah Pangan Kita yang merupakan bukti kongkret kerjasama Ikatan Pesantren Indonesia dengan Badan Urusan Logistik (Bulog).

H Haris Makki mengapresiasi upaya Ikatan Pesantren Indonesia dalam meningkatkan perekonomian pesantren. Karena dengan menjadi agen Rumah Pangan Kita (RPK) banyak keuntungan yang diperoleh pondok pesantren, karena bisa mendapatkan harga agen. Selain untuk melayani kepentingan pondok sendiri juga bisa melayani masyarakat sekitar pondok pesantren sehingga ada nilai ekonomis yang didapat pondok pesantren.

“Kegiatan pembukaan RPK ini sesuai dan sejalan dengan tugas pemerintah, dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, khususnya pondok pesantren. Diharapkan dengan ikut RPK ini, bisa juga membantu pemerintah dalam menjaga inflasi” kata H Haris Makki di Kantor Gubernur Kalimantan Selatan.

Pengurus DPW IPI Kalsel bersama Kakanwil Kemenag Kalsel
Pengurus DPW IPI Kalsel bersama Kakanwil Kemenag Kalsel

Di tempat terpisah H Fahmi Noor Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama, meminta pengurus Ikatan Pesantren Indonesia berkoordinasi dengan Kepala Bidang Pondok Pesantren Hj Halimatus Sadiah. Karena rencana kerja Ikatan Pesantren Indonesia bisa disinergikan dengan program program Kementetian Agama.

Dalam anjangsana tersebut Ketua DPW Ikatan Pesantren Indonesia didampingi Sekretaris Ustadz Edy Setyo Utomo, Wakil Ketua II Habib Syarif Al Idrus, Bidang Komonikasi dn Informasi Ustadz Muhari, dan Ketua DPC Kota Banjarmasin Ustadz Taufiqurahman.

“Insyaallah acara Pembukaan RPK ini kita undang Pak Gubernur, Direktur Bulog, Kepala Bank Indonesia Kantor Perwakilan Kalimantan Selatan dn undangan lainnya,” kata Ustadz Edy menambahkan.

Acara akan di langsungkan di Pondok Pesantren Walisongo Banjarbaru pimpinan KH Abdul Hamid yang juga sebagai Ketua Harian Ikatan Pesantren Indonesia Kalimantan Selatan. (Red)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *