Disparbud DKI Jakarta Dorong Museum Sebagai Tingkat Kontribusi Kunjungan Wisatawan

IMG-20190621-WA0092
JurnalNusantara.com – Kepala Dinas Pariwisata DKI Jakarta, Edy Junaedi mendorong museum sebagai salah satu destinasi wisata yang miliki tingkat kontribusi besar terhadap kunjungan wisatawan mancanegara ke Jakarta.

Edy mengatakan, berdasarkan data Disparbud DKI ada sekitar 50 sampai 60 persen wisatawan mancanegara datang ke Jakarta untuk mengunjungi museum.

“Saat ini Museum memiliki peran besar, ada dari 50 atau 60 persen target kita dari museum. Kalau target 2,9 juta wisman, 1,5 juta wisman mereka pengunjung museum,” ujar Edy Junaedi saat dikonfirmasi wartawan, Jumat (21/6/2019).

Edy menegaskan, minat wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke museum di Jakarta sangat tinggi, terlebih lagi wisatawan yang berasal dari Eropa.

“Wisman itu kalau udah ke museum, senang mereka, bisa mengeksplorasi utamanya wisatawan-wisatawan dari Eropa,” ucap Edy.

Lebih lanjut Edy menjelaskan, saat ini Disparbud DKI Jakarta lebih mengedepankan museum-museum yang ada di Jakarta untuk adakan event atau pameran, agar daya tarik museum lebih mempesona dimata wisatawan mancanegara.

“Saya berpendapat segi bangunan, koleksi dan pelaksanaan pameran di museum menjadi penting sebagai daya tarik wisatawan,” jelasnya

Terakhir Edy mengatakan, Jakarta sering disebut sebagai kuali peleburan dari seluruh kebudayaan yang ada di Indonesia memang harus menjadi etalase untuk tampilnya kekayaan kebudayaan Indonesia.

“Koleksi-koleksi yang dipamerkan di museum memiliki berbagai macam cerita dan merupakan khazanah yang perlu diketahui oleh banyak pihak,” ungkapnya.(SR)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *