ARUN Terus Berupaya Meletakkan Pancasila Sebagai Hierarki Tertinggi

IMG_20190708_151828-1152x648-460x259
JurnalNusantara.com – Sekjen DPP Advokasi Rakyat Untuk Nusantara (ARUN), Bungas T Fernando Duling mengatakan, DPP ARUN kini sedang mempersiapkan diri untuk dilatih dimana ARUN tidak berubah dari gagasan pertama bahwa ARUN akan memperjuangkan secara solid dan pasti segala macam bentuk upaya hukum konstitusional yaitu meminta Pancasila diletakkan sebagai hierarki tertinggi.

“Kita tahu bahwa Pancasila adalah sumber dari segala sumber hukum. Namun saat ini sangat tidak memiliki daya dan kekuatan terhadap suatu intervensi undang-undang. Oleh karena itu, ARUN dalam melakukan advokasi dan pendampingan pendampingan hukum, rata-rata adalah mereka terjebak atau terhambat oleh undang-undang yang jauh dari rasa keadilan dan kedaulatan rakyat,” ujar Bungas, Senin (8/7/2019), usai menggelar syukuran kantor DPP ARUN di Jl. Kali Pasir Jakarta Pusat.

Dengan posisi Pancasila sebagai hirarkis tertinggi, tambah Bungas, maka kedudukannya harus mampu mengintervensi undang-undang. “Kita sudah melakukan judicial review ke Mahkamah Konstitusi, walaupun memang keputusannya adalah kita tidak dikalahkan tapi ada suatu pernyataan yang menjadi lembar negara yang disampaikan oleh mahkamah konstitusi mahkamah konstitusi pada saat itu yang kita menganggap itu menjadi ambigu.

Ia menambahkan, MK pada saat itu menyampaikan bahwa mereka menguji undang-undang bukan hanya berpijak kepada undang-undang dasar tetapi juga kepada nilai-nilai Pancasila dan hal ini kami menganggap adalah suatu hal yang bentuknya ambigu karena pada hari ini faktanya undang-undang yang sangat tidak berpihak kepada masyarakat dan pada umumnya memastikan tentang kedaulatan rakyat itu sendiri

“DPP ARUN akan berupaya dengan segala macam upaya tentunya adalah konstitusional yaitu meletakkan Pancasila sebagai hirarkis tertinggi,” pungkasnya. (my)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *