Komnas Perempuan Berharap Amnesti Baiq Nuril Dikabulkan Presiden Jokowi

IMG-20190709-WA0065
JurnalNusantara.com – Komnas Perempuan berharap amnesti Baiq Nuril segera dikabulkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Wakil Ketua Komnas Perempuan Budi Wahyuni menyampaikan dalam waktu dekat para aktivis perempuan juga akan membantu mengajukan proses amnesti.

“Pada dasarnya harapannya ada pembebasan atau amnesti dikabulkan. Proses tahapan amnesti, memang dalam minggu ini teman-teman aktivis akan segera ajukan. Dan dari informasi yang saya peroleh bahwa dalam rentang waktu 10 harian semoga segera diproses amnesti yang diajukan oleh Ibu Nuril,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (9/7/2019).

Budi mengatakan masyarakat perlu mengetahui dengan pemberian amnesti oleh presiden, Nuril akan tetap sebagai korban pelecehan. “Yang perlu diketahui masyarakat bahwa amnesti ini, bahwa Ibu Nuril ini tetap sebagai korban pelecehan seksual, jangan salah,” tegasnya.

Dia pun menyesalkan keputusan Mahkamah Agung (MA) yang menolak Peninjauan Kembali Baiq Nuril. “Sampai pada titik ini, dimana PK ditolak Mahkamah Agung kami sangat menyesalkan. Dan kami pun mempertanyakan kenapa Peraturan MA Nomor 3 Tahun 2017 tidak digunakan. Dimana itu adalah jelas-jelas produknya saat itu kita semua berbangga ada produk hukum yang idealnya digunakan untuk keadilan perempuan yang terjerat hukum.” ungkapnya. (SR)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *