Bangunan Akan Dibongkar, Warga Pademangan Ajukan Gugatan

IMG_20190712_085358-1152x648-460x259
JurnalNusantara.com – Idham, pemilik bangunan seluas 122 meter persegi di jalan Pademangan 8 Jakarta Utara melayangkan gugatan. Pasalnya, bangunan miliknya akan dilakukan pembongkaran karena dinilai melanggar peraturan izin mendirikan bangunan.

“Saya sebagai pemilik rumah disini bersama puluhan rumah warga lainnya sama sekali sampai saat ini belum bisa mendapatkan Izin Mendirikan Bangunan karena masih ada persepsi-persepsi yang menyatakan bahwa kita dikenakan GSP 8 meter dari jalan tol. Kami menginginkan, bukan tidak mau mengurus izin, tetapi patokannya adalah jalan yang ada ini (Pademangan 8),” ujar Idham, saat ditemui di lokasi jalan Pademangan 8, Jumat (12/7/2019).

Idham, yang juga berprofesi sebagai advokat menambahkan, seharusnya dijelaskan bahwa ruas jalan tol bukan wewenang Gubernur tapi menteri PUPR. Ia mengaku sudah 3 kali mengajukan perizinan selalu ditolak. Menurutnya, jika harus menunggu izin, bangunan dikhawatirkan ambruk karena bangunan sudah terkena pembebasan perluasan gerbang tol.

Puluhan bangunan yang berada di sisi samping jalan Pademangan VIII yang tidak dapat diterbitkan Izin Mendirikan Bangunan (IMB)-nya disebabkan tidak memenuhi persyaratan “Tidak melanggar GSB (Garis Sepadan Bangunan) dan GSJ (Garis Sempadan Jalan)” sesuai Perda Provinsi DKI Jakarta No.1 Tahun 2014 Tentang RDTR dan Peraturan Zonasi, dan Pasal 618 Ayat (2) tentang GSB.

Permasalahan muncul ketika petugas PTSP menilai Garis Sepadan Bangunan/ Rencana Jalan adalah 8 meter dari 20 meter dari keseluruhan jalan yang berdampingan dengan Jalan Pademangan VIII termasuk ruas jalan tol Kemayoran dan Perluasan Gerbang Jalan Tol Kemayoran yang dibangun baru baru ini dalam rangka Asian Games 2018.

“Seharusnya bapak ini sebelum merenovasi pelapis lantai bangunan yang menambah lantainya mengurus IMB terlebih dahulu. Solusinya, saya akan mencoba mengajukan peninjauan kembali terkait lebar jalan ini,” pungkas Desy, petugas dari pemerintahan setempat. (red)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *