Haidar: Bibit Radikalisme di Tubuh ASN Harus Diwaspadai

IMG_20190803_152236-1152x648-576x324
JurnalNusantara.com – Pemerhati Radikalisme dan Intoleran, Haidar Alwi mengatakan, adanya indikasi terpapar radikalisme dalam tubuh Aparatur Sipir Negara (ASN) telah terendus. Berdasarkan pengamatannya, banyak nilai intoleran sebagaimana yang pernah diperhatikan olehnya saat di lapangan. Menurutnya, banyaknya intoleran justru akan menjadi bibit timbulnya radikalisme. Oleh karena itu, lemah tidaknya kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin di periode sekarang ini akan menentukan keberhasilan Jokowi 5 tahun depan.

“Ciri-ciri itu mengindikasikan adanya intoleran. Itulah yang harus kita berantas faham intoleran karena intoleran tersebut akan naik pangkat menjadi radikal,” ujar Haidar Alwi dalam diskusi publik yang digelar Aliansi Relawan Jokowi (ARJ) bertema Komposisi Kabinet Kerja Ideal Menuju Indonesia Unggul, Sabtu (3/8/2019) di Cikini, Jakarta Pusat.

Sementara itu, terkait dengan kabinet kerja pada masa pemerintahan Jokowi ke depan, Ucok Skydafi, Direktur Central Budget Analysis berpendapat, kegigihan relawan Jokowi yang telah berkontribusi mengantarkan Jokowi sebagai pemenang pemilu 2019 diperlukan kekompakan dan kekuatan politik untuk bisa masuk ke dalam kabinet kerja.

“Relawan kalau mau menempati menteri harus punya kekuatan Politik agar punya kekuatan dalam mempengaruhi keputusan. Pertama, relawan kalau mau masuk ke dalam kabinet harus kompak terlebih dahulu,” pungkasnya. (red)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *