Ini Jawaban Indriyanto Seno Aji Atas Tudingan Abraham Samad

IMG-20190910-WA0035
JurnalNusantara.com – Tudingan dari mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Abraham Samad ditanggapi oleh Wakil Ketua Pansel Capim KPK, Indriyanto Seno Adji. Adapun tudingan dimaksud yang menilai Pelaksana tugas (Plt) Pimpinan KPK telah melampaui kewenangan jika terbukti mengusulkan enam poin krusial dalam revisi Undang-undang (UU) Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK.

“Plt pimpinan bekerja pada garis kewenangan prealabel dengan legitimasi hukum dan sudah ada serah terima jabatan termasuk tupoksi dan tanggung jawab Plt kepada pimpinan baru era ke-4 sejak empat tahun lalu,” ujar Mantan Plt Pimpinan KPK, Indriyanto Seno Adji kepada wartawan saat dihubungi, Selasa (10/9/2019).

Sehingga, Indriyanto meyakini dirinya, Taufiequrachman Ruki dan Johan Budi sebagai Plt Pimpinan KPK tidak melakukan penyalahgunaan aturan yang berlaku. “Maupun willekeur dari Pimpinan Plt. Kami memahami suasana bathin saudara AS tentang revisi UU KPK kali ini, jadi kami anggap wajar kalau AS berpendapat demikian,” jelas dia.

Sebelumnya, Anggota Komisi III DPR dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Arteria Dahlan mengungkapkan bahwa semua poin krusial dalam revisi UU itu diusulkan oleh pimpinan KPK saat rapat dengan Komisi III DPR pada 19 November 2015. Arteria mengatakan hal itu berdasarkan risalah rapat Komisi III DPR. (SR)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *