PTUN Kabulkan Permohonan Warga Pademangan Untuk Membatalkan SPB

IMG_20190910_105938-1152x648-576x324
JurnalNusantara.com – Sidang gugatan yang dilayangkan oleh Idham, pemilik bangunan seluas 122 meter persegi di jalan Pademangan 8 Jakarta Utara, Selasa (10/9/2019), di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) memasuki tahap putusan. Dalam sidang tersebut, Hakim Ketua memutuskan meminta kepada pihak tergugat untuk membatalkan Surat Perintah Bongkar (SPB) terhadap objek bangunan milik penggugat.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada Hakim yang telah mengabulkan permohonan kami untuk membatalkan SPB. Kemenangan ini bukan hanya untuk saya, namun juga kemenangan buat warga Pademangan sebanyak 15 rumah,” ujar Idham.

Hakim, kata Idham, menilai bahwa SPB cacat hukum karena surat peringatan baru dilakukan 1 kali. Seharusnya ada peringatan 1, 2 dan 3 sebelum SPB dikeluarkan. Menurutnya, SPB layak dibatalkan karena bukan perintah pihak yang berwenang dan melanggar asas-asas kecermatan, kejelasan dan kemanfaatan.

“Mudah-mudahan dengan kemenangan ini kami bisa mendapatkan izin mendirikan bangunan sebagaimana yang diberikan kepada warga lainnya,” ungkapnya.

Sementara itu, menanggapi putusan hakim yang menolak SPB, pihak tergugat menyatakan akan melakukan banding di tingkat Pengadilan Tinggi. (red)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *